Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa, PBI UAD Gelar Enterpreneurship EXPO

YOGYAKARTA — Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan menggelar pameran kewirausahaan mahasiswa yang bernama PBI Expo. PBI Expo dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 4 Agustus 2022 dan 5 Agustus 2022 dengan kegiatan pokok yaitu seminar kewirausahaan dan pameran hasil karya mahasiswa dari Angkatan 2021 dan 2019.

Sama seperti kegiatan pameran lainnya, PBI Expo dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Dekan FKIP UAD, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. dan juga beberapa sambutan dari Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Ani Susanti, M. Pd.B.I. PBI Expo 2022 diikuti oleh 47 kelompok mahasiswa yang mendirikan stand untuk menawarkan hasil karya mereka.

Acara ini diadakan sebagai tugas akhir mata kuliah kewirausahaan dan juga semangat civitas akademika PBI UAD guna meningkatkan jiwa entrepreneurship.

“Entrepreneur tidak hanya sekadar kegiatan menjual dan menawarkan jasa seperti yang kita lihat pada transaksi jual beli tetapi lebih ke mentalitas individu yang berani keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan.

Acara ini berangkat dari keresahan prodi dari rekam jejak alumninya yang masih sangat minim menjadi seorang entrepreneur,” ujar Kaprodi PBI.

Acara dibuka secara resmi pada hari pertama, Kamis 4 Agustus 2022 dengan susunan acara seremonial yaitu pembacaan Al Quran oleh salah satu mahasiswa PBI UAD, Oki Ariyanto, kemudian dilanjutkan sambuta-sambutan ketua pelaksana, Dr. Azwar Abbas, M. Hum., dan diakhiri dengan sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Dekan FKIP UAD.

Sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, acara dilanjutkan dengan sesi seminar oleh salah satu alumni UAD yang bergerak di bidang kewirausahaan, Ibu Lastini sebagai owner My Little School Group. My Little School Group adalah usaha besutan Ibu Lastini yang bergerak di bidang penitipan anak dan sekolah jenjang PAUD dan TK yang berlokasi di Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lastini selaku narasumber memaparkan berbagai macam pola pikir entrepreneurship yang harus dimiliki sebelum memulai berwirausaha didampingi dengan moderator dari EDSA.

Di sisi lain, 47 kelompok mahasiswa yang mendirikan stand mulai mempersiapkan diri. Seluruh stand yang disediakan oleh mahasiswa terdiri dari penyediaan jasa, usaha makanan, dan non makanan yang tersebar sesuai dengan nomor meja yang telah ditentukan. PBI Expo hari pertama dimulai pukul 08:00 dan berakhir sesuai jadwal yaitu pukul 13:00 WIB.

Hari kedua PBI Expo secara umum memiliki susunan acara yang hampir sama dengan hari pertama.

Yang membedakan pada hari kedua ini adalah adanya pengumuman kategori pemenang di akhir acara. Jumat, 5 Agustus 2022 narasumber yang mengisi sesi seminar adalah Bapak Taufik Ridwan, S. Pd sebagai owner PT. Dini Mediapro dan PT. Latifah Dini Wisata Sejahtera. Perusahaan yang didirikan oleh Bapak Taufik bergerak di bidang periklanan yang berlokasi di Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara seminar hari kedua dimoderatori oleh Ayu Wahyuni, salah satu mahasiswi UAD dan juga demisioner EDSA PBI UAD. Acara berlangsung selama kurang lebih satu jam dengan komunikasi dua arah mahasiswa dan narasumber.

PBI Expo hari kedua diakhiri pengumuman kategori. Penilaian kategori favorit pada acara tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu kategori stand terunik dan kreatif yang dimenangkan oleh Jasa Gambar FYR Art, kategori makanan terunik yang dimenangkan oleh Gonana Pisang Nugget, kategori produk kreatif yang dimenangkan oleh Spidol, dan yang terakhir adalah stand terfavorit dimenangkan oleh Kelsix Jasa Fotografi.

Diselenggarakannya PBI Expo ini memunculkan berbagai macam kesan baik dari mahasiswa dan juga panitia. Secara umum, mahasiswa dan panitia mengaku agak keteteran dengan tenggat waktu yang diberikan namun masih bisa ditolerir dengan persiapan yang matang selama mata kuliah berlangsung.

Banyak juga yang mengaku bahwa acara ini terkesan padat karena dilaksanakan tepat setelah UAS Genap tahun 2021/2022. Meskipun demikian seluruh civitas akademika PBI UAD mampu berkolaborasi dan berkontribusi secara sehat sehingga acara ini terlaksana dengan baik dan sesuai rencana. (SAZ)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here