Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen UAD Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Thailand

THAILAND – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional. Kali ini dilakukan Dosen Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK), Ida Puspita, S.S., M.A.Res. Ida melaksanakannya di institusi mitra luar negeri UAD di Thailand, yakni Songserm Sasana Vitaya School (SSVS) atau terkenal di Thailand dengan sebutan Ko’Mee, Rabu (29 Muharram 1445 H bertepatan 16 Agustus 2023).

Kegiatan ini dilaksanakan atas undangan Kepala Sekolah SSVS, Mrs. Sarah Wanlabeh, untuk memberikan motivasi kepada para siswanya meningkatkan prestasi dan berani menuntut ilmu sampai ke luar negeri. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 11 dan 12 Sekolah Menengah Atas di SSVS baik laki-laki dan Perempuan. Turut hadir, wakil kepala sekolah, sejumlah guru baik dari Thailand maupun Indonesia sebagai pendamping. Jumlah yang menghadiri kegiatan ini sekitar 50 peserta.

SSVS merupakan salah satu mitra sekolah UAD di Thailand yang paling awal bekerja sama di tahun 2013 yang artinya kerja sama ini telah dijalin selama 10 tahun sampai dengan tahun 2023. Kerja sama yang dilakukan selama ini sangat aktif diantaranya setiap tahun mengirimkan sejumlah mahasiswa untuk KKN internasional sejak 2013 dan berhenti sementara selama pandemi, lalu diteruskan kembali di tahun 2023 ini pada bulan Januari 2023. UAD juga rutin mengirimkan para alumninya untuk menjadi guru di SSVS sejak tahun 2013.

SSVS juga telah menjadi lokasi dan mitra untuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat internasional dosen UAD pada tahun 2023. Sudah ada dua kegiatan pengabdian masyarakat internasional yang dilaksanakan di SSVS termasuk yang dilaksanakan Ida Puspita tersebut. Kegiatan berlangsung pukul 14.00 hingga 17.00 waktu Thailand. Bahasa yang digunakan selama kegiatan adalah Bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan moderator kegiatan sekaligus guru di SSVS, yang merupakan alumni salah satu pesantren di Jawa Timur.

Kegiatan dengan tema “Achievement Motivation to Optimize the Capability to Study Abroad for Senior High School Students of Grade 11 and 12 in Songserm Sasana Vitaya School Thailand“ ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Mrs. Nadiyah Wanlabeh. Luaran dari kegiatan PkM tersebut adalah MoA dan publikasi kegiatan di media massa. Wakil Kepala Sekolah berharap dengan adanya motivasi dari narasumber/guru/dosen internasional dari Indonesia akan memberikan perspektif, pengalaman, cerita, dan kesan yang berbeda kepada para siswanya untuk lebih berprestasi dan bisa melanjutkan sekolahnya ke luar negeri terkhusus ke Indonesia.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Beberapa di antaranya memberikan pertanyaan dan kesan-pesan setelah kegiatan selesai dalam bahasa Melayu, Inggris dan Arab.

“Kegiatan pengabdian pada masyarakat internasional yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan dosen-dosen UAD pada tahun 2023 sangat bermanfaat selain sebagai implementasi kerjasama internasional juga dapat membuka wawasan bagi kedua belah pihak untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan budaya dari masing-masing negara,” jelas  Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD itu. (*)

 

 

Berita ini diterima mediamu.com dari Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here