Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mahasiswa Unimma Raih Prestasi Internasional Dengan Inovasi Kulit Biomaterials Dari Limbah

MAGELANG - Tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) berhasil meraih juara dua dalam kejuaraan pelajar tingkat ASEAN dengan inovasi kulit biomaterials menggunakan limbah air kelapa dan bakteri selulosa.

Dalam laporan pers yang diterbitkan pada tanggal 17 Oktober, tim mahasiswa Unimma, yang diberi nama Verde Society, berhasil meraih gelar juara kedua pada final the 3rd ASEAN International Student Competition (AISC) kategori berorientasi pada profit, yang diadakan di Universitas Kuala Lumpur (UniKL), Malaysia, pada hari Selasa hingga Rabu, 10-11 Oktober.

Tim ini terdiri dari lima orang mahasiswa, yaitu Sri Rochmayanti dan Lia Nur Rahmawati dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), serta Defa Ajeng Wardani dari program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Devita Mayang Saraswati serta Afriyani Shintawati dari program studi Ilmu Keperawatan.

Afriyani Shintawati menjelaskan bahwa tim inovasi mereka berfokus pada pembuatan kulit biomaterials dengan memanfaatkan limbah air kelapa dan bakteri selulosa. Prosesnya melibatkan tahap fermentasi yang berlangsung selama tiga minggu. Setelah itu, hasil fermentasi tersebut dijemur hingga kering dan diolah menjadi produk akhir berupa card holder.

“Jadi kita lebih ke biomaterials dari coconut waste, dari limbah air kelapa yang sudah tua kita lakukan fermentasi selama tiga minggu, lalu dijemur sampai kering, setelah itu untuk produk akhirnya kemarin kita bikin card holder,” jelasnya.

Ajeng, yang mewakili tim, memberikan pesan kepada rekan-rekan mahasiswa Unimma agar tidak takut mengikuti lomba, terutama demi memperoleh pengalaman. Dia menekankan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan merupakan awal dari kesuksesan. 

“Jangan takut gagal karena gagal merupakan awal dari keberhasilan. Bila kamu berhenti berusaha di saat 100 kali percobaan, bisa jadi ternyata keberhasilan diberikan kepadamu di usaha yang ke 101 kali,” ujarnya.

Selain meraih juara kedua, tim Verde Society juga meraih penghargaan sebagai Best Youth Entrepreneurship dan Best Outstanding Pitching.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Memanfaatkan Limbah Air Kelapa Ciptakan Kulit Biomaterials, Mahasiswa Unimma sabet Juara di Kompetisi Internasional

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here