Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen Tamu PBI UAD: Inilah 5 Faktor yang Memegaruhi Karir Guru

YOGYAKARTA –Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali mengadakan kuliah tamu internasional. Kali ini mengambil tema: “How Teachers Manage in Changing Times” pada Rabu (2/11).

Acara digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube PBI UAD, diikuti oleh 120 peserta, bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari Malaysia dan Filipina.

Kuliah tamu menghadirkan Lizabeth England, Ph.D, konsultan di Liz England & Associates, sebagai pembicara dengan moderator Rifky Dora Wijayati dan Aysahril Surya sebagai pembawa acara.

Lizabeth England membuka sesi dengan menyampaikan tentang profil profesionalnya. Beliau menyarankan kepada seluruh peserta untuk juga melakukan hal yang sama karena hal tersebut dapat menjadi refleksi perkembangan karir professional para peserta sebagai guru.

“Mungkin setahun sekali, atau setiap enam bulan anda bisa menulis tentang siapa anda sebagai guru, apa yang sudah anda lakukan dalam 6 bulan atau satu tahun terakhir,” ujar Lizabeth.

Lizabeth England dalam materinya juga banyak membahas tentang faktor-faktor perkembangan karir seorang guru profesional. Menurutnya, setidaknya ada lima faktor yang mempengaruhi karir seorang guru.

“Ada 5 faktor yang mempengaruhi karir seorang guru, ada teacher education, teacher motivation, leadership skills, organizations, dan life balance,” jelasnya.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa selama ini para akademisi selalu fokus pada motivasi siswa dan tidak pada motivasi guru. Padahal motivasi guru ini sendiri juga tidak kalah penting.

“Jika guru tidak termotivasi maka siswa pun tidak termotivasi,” ungkapnya.

Terakhir, Lizabeth England menyampaikan tentang life balance. Menurutnya, banyak guru seringkali hanya fokus pada pikirannya. Padahal, life balance di sini bukan hanya mengenai pikiran melainkan juga tubuh dan jiwa.

“Life balance sangat penting. Agar bisa lebih efektif, baik, dan senang, Anda butuh keseimbangan dalam hidup. Dan guru seringkali hanya fokus pada pikirannya sedangkan tubuh dan jiwanya selalu dikesampingkan,” tandasnya.

Kuliah tamu ini mendapat respon positif daei peserta yang hadir. “Saya belajar banyak hal baru hari ini. Saya harap materi hari ini bisa membantu saya untuk menjadi tenaga pendidik dikemudian hari,” kata Ashley, peserta dari Filipina.

Pasca pemaparan materi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan penyerahan sertifikat oleh Kaprodi PBI, Dr. Ani Susanti S.Pd., M.Pd.BI kepada Lizabeth England, Ph.D sebagai tanda terima kasih karena telah bersedia menjadi guest speaker di kuliah tamu.

“Terima kasih karena sudah bergabung dengan kami sebagai pembicara. Meskipun belum pernah bertemu secara langsung, tapi kami belajar sangat banyak dari Anda. Kami bisa merasa termotivasi dan terinspirasi..,” ucapnya sebelum menutup acara. (*)


Sumber: Prodi PBI UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here