Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen dan Staf UAD Ikuti Pertukaran Internasional ke Portugal

PORTUGAL – Delegasi dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti kegiatan internasional berupa International Credit Mobility (ICM) Erasmus+ bekerja sama dengan Polytechnic of Porto Portugal (P Porto), khususnya dengan School of School of Accounting and Business (ISCAP) dengan sumber pendanaan dari program Erasmus+ Uni Eropa. Agenda dari 29 Mei sampai dengan 3 Juni 2023 ini meliputi dua kegiatan, yakni teaching and training exchange (pertukaran dosen dan staf).

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan P Porto ke UAD, di bulan Agustus 2022. Alexandra Mariana Nunes Albuquerque, Ph.D. selaku Kepala Kantor Internasional School of School of Accounting and Business / ISCAP P Porto mengunjungi UAD untuk mendiskusikan kemungkinan program-program yang akan dijalankan bersama sebagai awal realisasi hibah pertukaran ICM Erasmus+ ini. Pada pertemuan tersebut, salah satu kerja sama yang disepakati adalah pertukaran dosen dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD dan School of School of Accounting and Business P Porto.

Untuk tahun ini, dalam teaching exchange terdapat 2 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mewakili UAD untuk melaksanakan aktivitas pengajaran di P Porto. Keduanya adalah Nabila Na’Ma Aisa S.E., M.Sc. (dosen Prodi Akuntansi FEB UAD) yang telah melaksanakan kegiatannya pada durasi waktu tersebut di atas dan Dr. Ema Nurmaya (dosen Prodi Manajemen FEB UAD) yang akan melaksanakan kegiatan pengajaran pada bulan Juli 2023. Teaching exchange ini terdiri dari mengajar di kelas S1, pelaksanaan workshop, dan seminar.

Sedangkan, training exchange diikuti oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., dan Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD, Ida Puspita, S.S., M.A.Res. dengan agenda menindaklanjuti kegiatan kerja sama sebelumnya dengan P Porto yang sudah dilakukan dengan pendanaan dari Erasmus+ dalam program Building Universities in Leading Disaster Resilience (BUILD). Salah satu mitranya adalah P Porto yang juga bertanggungjawab dalam training virtual reality untuk manajemen kebencanaan.

Dalam kunjungan ICM Erasmus+ ini, tim UAD berkesempatan meninjau tim dari lab P Porto yang telah mendesain virtual reality kebencanaan yang telah diberikan kepada semua perguruan tinggi konsorsium BUiLD di Indonesia sejak tahun 2019 sampai dengan 2023. Tim UAD juga berkesempatan melihat berbagai aplikasi virtual reality lainnya yang telah didesain oleh lab P Porto di School of Public Health.

Pada kesempatan ini juga, Ida Puspita memberikan presentasi tentang UAD pada dua fakultas di P Porto, seperti School of Engineering dan School of School of Accounting and Business, lalu mendiskusikan potensi kerja sama ke depannya, serta menginisiasi kerja sama dengan Polytechnic of Tyrana dari negara Albania yang juga menjadi peserta diskusi inisiasi kerja sama dengan School of Engineering P Porto.

Tidak sampai di situ, UAD dan Polytechnic of Tyrana Albania sempat berdiskusi dengan Kaprodi dan tim kerja sama di Department of Electrical Engineering dan mengunjungi laboratorium Teknik Elektro P Porto.

Di sesi berikutnya, delegasi training exchange dari UAD melakukan presentasi terkait UAD dan potensi kerja sama dengan School of School of Accounting and Business (ISCAP) yang menjadi host UAD dalam kegiatan ICM Erasmus+ ini.

Dalam kegiatan tersebut, ada dua kerja sama baru yang akan dilaksanakan, yaitu penandatanganan MoU Erasmus berikutnya dengan P Porto Portugal untuk mereka dapat mengirimkan dosen dan mahasiswanya ke UAD tahun depan serta penandatangan MoU dengan Polytechnic of Tyrana Albania.

Hibah Erasmus+ ICM dengan P Porto ini adalah hibah Erasmus ke 4 bagi UAD, dan hibah Erasmus kedua antara UAD dan P Porto, serta hibah pertama untuk kategori International Credit Mobility (ICM) setelah sebelumnya telah tiga kali berturut-turut UAD mendapatkan hibah Erasmus+ dengan kategori Capacity Building of Higher Education (CBHE) sejak tahun 2017.

Sedangkan, hibah yang kedua didapatkan oleh UAD bekerjasama dengan University of Granada Spanyol dan saat ini masih dalam tahap penandatanganan kontrak.

Hibah Erasmus+ ICM ini sangat bermanfaat bagi UAD dan P Porto dalam banyak hal diantaranya memperluas kerja sama internasional bagi kedua belah pihak, memberikan pengalaman internasional bagi semua dosen yang terlibat dari kedua institusi untuk mengajar dengan mahasiswa internasional sehingga para dosen yang terlibat dapat memiliki rekognisi internasional yang sangat bermanfaat bagi pembangunan kapasitas diri dosen dan institusi masing-masing.

Selain itu, kegiatan ini membuka banyak peluang kerja sama lainnya di masa yang akan datang, serta semakin menunjukkan eksistensi dan pengakuan internasional bagi UAD yang akan berdampak pada meningkatnya akreditasi prodi dan institusi.

Muchlas sendiri menyampaikan, kunjungan ke Politeknik Porto di Portugal ini sangat penting sebagai upaya internasionalisasi UAD. Pendanaan yang sepenuhnya kegiatan International Credit Mobility ini oleh Erasmus+ Uni Eropa menunjukkan bahwa UAD telah memperoleh pengakuan oleh lembaga kredibel di tingkat dunia.

“Bahkan, bagi Politeknik Porto, pelaksanaan program ini adalah pertama kalinya dilaksanakan dengan mitra dari Indonesia. Pengakuan secara internasional oleh Politeknik Porto ditunjukkan pula oleh diterimanya dua dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD untuk melaksanakan pertukaran dosen dengan kegiatan mengajar di kelas S1 di sana dan mengisi kegiatan workshop dan seminar,” kata Muchlas.

Terlebih, UAD dan P Porto sama-sama menjadi mitra pertama bagi kedua perguruan tinggi itu, sehingga kerjasama ini dirasa sangat istimewa.

“P Porto sendiri merupakan perguruan tinggi mitra pertama UAD di Portugal, dan demikian pula bagi P Porto, UAD merupakan perguruan tinggi mitra pertama mereka di Indonesia. Kesamaan ini membuat kerja sama antara dua institusi menjadi sangat istimewa karena menjadi tonggak sejarah perjalanan internasionalisasi dari kedua institusi ini,” lanjutnya.

Selanjutnya, pada minggu ketiga Juli 2023, 6 dosen dari School of School of Accounting and Business / ISCAP P Porto akan melaksanakan kegiatan pertukaran dosen dengan serangkaian kegiatan di FEB UAD, diantaranya mengajar di kelas S1 dan S2, workshop dengan dosen-dosen FEB UAD, dan membahas rencana kolaborasi pembimbingan tesis bersama dengan prodi Magister Manajemen dan topik-topik riset bersama dengan dosen-dosen FEB. (*)


Berita ini diterima Mediamu.id dari Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KKUI) UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here