Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen dan Mahasiswa PBI UAD Belajar Visual Pedagogy

YOGYAKARTA — Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan acara International Guest Lecture dengan tema “Visual Pedagogy: Using Cartoon in English Language Classroom” Pada Kamis (29/9). Acara digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting dan juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube PBI UAD OFFICIAL.

Acara yang diikuti ratusan peserta ini menghadirkan dosen senior di Monash University Australia, Dr. Dat Bao.

Dalam materinya, Dr. Dat Bao memaparkan banyak tentang penggunaan kartun sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Menurutnya, kartun dapat digunakan untuk mengajarkan banyak hal, tidak hanya terbatas dalam mengajarkan kosa kata.

“Kartun dapat digunakan dalam mengajar roleplay, grammar, creative thinking, guessing and predicting, telling stories, writing, and cultural understanding,” ujar Dr. Dat Bao.

Acara ini berlangsung interaktif karena Dr. Dat Bao juga mengajak para peserta untuk menggambar karakter kartun dan membuat cerita berdasarkan gambar yang diberikannya.

Acara ini mendapat respon positif dari peserta yang hadir. “Materi yang disampaikan sangat menarik dan bermanfaat bagi kami sebagai calon pengajar,” ujar Yuni Maulianda, mahasiswa PBI.

Perasaan senang juga disampaikan oleh Bambang Widi Pratolo, salah satu dosen UAD. Menurutnya, guest lecture dengan menghadirkan Dr. Dat Bao sangat mengesankan dan sangat inspiring. Kepakarannya dalam bidang TEFL benar-benar sangat handal. Kemampuan Dr. Dat Bao dalam menggambar dan bermain musik telah membuat presentasinya sangat menarik dan menginspirasi semua peserta.

Dr. Dat Bao benar-benar telah menjadi bintang dalam guest lecture ini dan memang dia menjadi bintang di Monash university. Terbukti dengan award yang didapatkan dari kampus sebagai dosen yang sangat inspiratif. “Ide-ide dia dalam membuat skenario pembelajaran juga sangat menarik, membuat peserta benar-benar menikmati dan belajar banyak dari sesi dia. Saya berharap akan ada lagi sesi dengan Dr. Bao sehingga kita bisa belajar lagi,” harapnya.

Pasca pemaparan materi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan penyerahan sertifikat oleh Kaprodi PBI, Dr. Ani Susanti S.Pd., M.Pd.BI kepada Dr. Dat Bao sebagai tanda terima kasih karena telah bersedia menjadi guest speaker di acara ini.

“Saya mewakili PBI, mengucapkan terima kasih kepada guest lecturer hari ini, Dr. Dat Bao yang telah menyempatkan waktunya untuk berbagai mengenai topik yang menarik. Tidak hanya mendiskusikan tentang topiknya, beliau juga mendemonstrasikan secara langsung kepada para peserta,” ungkapnya sebelum menutup acara.

Lembut lanjut Ani menyatakan bahwa acara ini bagian dari Program Kompetesi Kampus Merdeka (PKKM) yang didanai oleh Kemenristek Dikti.[]


Sumber: Tim Pengabdian UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here