Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan

UMY bagi-bagi takjil gratis kepada mahasiswa secara drive thru. Foto: Dzikril Firmanyah / Mediamu

YOGYA - Bulan Ramadhan ini menjadi momen yang tepat bagi umat Muslim untuk saling berbagi rezeki dan kebahagiaan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memanfaatkannya dengan kembali membagikan takjil gratis kepada mahasiswa selama bulan Ramadhan 1445 H. 

Pembagian takjil dibuka pada Senin (11/3), pukul 15.30 WIB, di Selasar Gedung AR Fachruddin A UMY. Pembagian ini dilakukan secara drive thru, dimana para mahasiswa akan menerima takjil dari panitia Ramadhan Kampus UMY dengan menggunakan sepeda motor. 

Program bagi-bagi takjil ini sudah diinisiasi sejak tahun 2020, ketika dunia dilanda pandemi covid-19. Pada saat bulan Ramadhan di tahun itu juga, seluruh umat Islam, khususnya mahasiswa UMY kesulitan untuk mencari takjil, mengingat kegiatan buka bersama di masjid ditiadakan dan warung-warung ditutup karena pembatasan aktivitas di luar rumah. 

“Awalnya dulu kami ingin membantu mahasiswa yang sangat kesulitan (mencari takjil) karena warung pada tutup. (Jadi) kami data berapa orang yang membutuhkan Waktu itu ada sekitar 2000 takjil yang dialokasikan,” kata Faris Al Fadhat, Ph.D., Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Al Islam Kemuhammadiyahan. 

Seiring berjalannya waktu, program berbagi takjil terus berlanjut di bulan Ramadhan berikutnya, bahkan setelah pandemi covid-19 usai. Ditambah, jumlah mahasiswa di UMY makin meningkat, sehingga alokasi takjil yang diberikan juga makin banyak dan juga mahasiswa merasa antusias dengan program ini.

Bila tahun lalu ada 4000 takjil, maka di Ramadhan 1445 H ini ada sebanyak 5000 takjil yang diberikan oleh UMY. Dengan 3500 diantaranya dibagikan pada saat drive thru, sedangkan 1500 takjil dibagikan setelah shalat Maghrib di Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY. 

“Alhamdulillah, responnya sangat baik, ya. Mereka ada yang pernah tahun lalu dapat dan ingin lagi di tahun ini. Ada yang baru tahun ini dan juga ingin merasakan pengalaman. Selain dapat takjil gratis, mereka juga ingin merasakan suasana Ramadhan di UMY,” ucap Faris.

Antusias dari mahasiswa itu ditunjukkan langsung oleh para mahasiswa yang menerima takjil ini. Salah satunya Yusril, mahasiswa jurusan elektromedis semester 4 yang datang langsung bersama temannya. 

Ia mengaku sudah menerima takjil gratis dari tahun lalu dan merasa terbantu dengan adanya program ini. “Alhamdulillah, ini sangat membantu kami untuk mengirit uang makan untuk berbuka," katanya setelah menerima takjil.

Dari program bagi-bagi takjil ini, UMY berharap selain untuk membantu para mahasiswa, semangat untuk berbagi kepada sesama ini bisa ditularkan kepada mahasiswa UMY. 

“Lewat program ini, UMY ingin mengajarkan untuk berbagi kepada mahasiswa dan masyarakat. Kami juga ingin mahasiswa di Ramadhan ini bisa berbagi sebanyak mungkin kepada masyarakat,” harap Faris. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here