Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul

GUNUNGKIDUL - Tim Dosen LPPM UAD melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggandeng mitra Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Hargomulyo, Gedangsari, Gunung Kidul. Pengabdian ini bertujuan mendampingi masyarakat dan BUMKal Hargomulyo dalam penerapan teknologi tepat guna pembuatan pasir kucing dari batuan zeolit alam dan manajemen pemasarannya.

Diketahui, sejak tahun 2023 Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Hargomulyo telah merintis usaha pasir kucing dari bahan batuan zeolit alam. Disebut pasir kucing karena pasir zeolit alam biasa dijual di pet shop sebagai media mengurangi bau kotoran kucing. BUMKal Hargomulyo mengembangkan usaha ini karena di daerah itu terdapat cukup banyak deposit batuan zeolit alam yang belum diolah menjadi komoditas yang lebih menguntungkan.

Selama ini sebagian mansyarakat Hargomulyo menjual zeolit alam bongkahan, tanpa diolah, dengan harga sangat murah kepada pengusaha dari luar daerah. Padahal zeolit alam dapat diolah menjadi material yang lebih bernilai ekonomi. Tidak hanya sebagai pasir kucing, tetapi juga sebagai bahan adsorben dalam pengolahan limbah industri, penjernih air, dan bahan dasar katalis dalam industri. Kendalam yang dihadapi masyarakat setempat adalah ketidaktahuan teknologi pengolahan zeolit alam dan cara memasarkannya.

Tim dosen UAD sendiri terdiri atas Dr. Totok E. Suharto, Ibdal Satar, Ph.D., Adi Permadi, Ph.D. dari FTI, Arief Syamsuddin, M.Pd. dari FKIP, dan Wahyu Dewi Hapsari, M.Acc. dari FE, serta dibantu oleh lima mahasiswa.

Kegiatan ini berlangsung dari bulan Oktober 2023 sampai dengan Mei 2024. Pelaksanaan kegiatan didanai bersama dari LPPM UAD dan mitra BUMKal Hargomulyo. Kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan antara lain sosialisasi teknologi tepat guna untuk memproduksi pasir zeolit alam dan perencanaan usaha pemasaran pasir zeolit alam.

Selanjutnya telah dibuat mesin pencacah (crusher) batuan zeolit alam skala kecil untuk memproduksi pasir zeolit alam. Operasional crusher  telah diujicoba dan dapat menghasilkan butiran zeolit alam dalam tiga ukuran (kerikil kasar, pasir, dan serbuk halus). Mesin ini perlu dioptimasi lagi dengan target dapat beroperasi produktif mulai bulan Mei 2024.

Direktur BUMKal Hargomulyo, Paino, M.Pd. dan Lurah Hargomulyo, Sumaryanto, S.I.P., menyambut antusias kemitraan dengan UAD ini dan mengharapkan kegiatan pengabdian masyarakat dari UAD dapat terus berlanjut untuk membantu pengembangan usaha BUMKal dan masyarakat kalurahan Hargomulyo.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here