Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Panti Asuhan Muhammadiyah Aisyiyah DIY Tanamkan Kesehatan Mental

SLEMAN Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (FKM UAD) bekerjasama dengan Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY menyelenggarakan kegiatan pelatihan “Implementasi Pendidikan Kesehatan Mental Melalui Pendidikan Multikultur dalam Upaya Penguatan Nilai Karakter di Panti Asuhan Muhammadiyah – ‘Aisyiyah D.I. Yogyakarta”. Kegiatan ini dalam rangka program pengabdian masyarakat dosen Universitas Ahmad Dahlan. Acara dilaksanakan pada 20-21 Agustus 2022, di Aula Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Prambanan.

Pelatihan diikuti oleh anak asuh dari LKSA Muhammadiyah Prambanan yang telah menginjak usia remaja. Dr. Rochana Ruliandari, M.Kes selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan jika program ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan kepada remaja berkaitan dengan pendidikan multikultural sehingga dapat berdampak pada kesehatan mental yang baik.

“Kegiatan ini diharapkan mampu membangun karakter sebagai output yang dihasilkan dari sekolah yang tidak hanya cakap sesuai dengan disiplin ilmu tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai keberagaman dalam memahami dan menghargai keberadaan para pemeluk agama dan kepercayaan lain, pengembangan nilai-nilai karakter,” tutur Rochana. Nilai-nilai karakter seperti kejujuran, toleransi dan cinta damai anak terhadap keberagaman budaya, agama dan status sosial perlu dikembangkan sejak dini.

Pengurus LKSA Muhammadiyah Prambanan turut mengucapkan terimakasih kepada FKM UAS dan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM DIY yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

“Terima kasih kepada penyelenggara, semoga apa yang diberikan dapat memberikan manfaat yang banyak untuk anak-anak kami di sini,” kata salah satu pengurus.

Dalam pelatihan ini, terdapat sejumlah pemateri, diantaranya: Dr. Rochana Ruliyandari, M,Kes, Ciptasari Prabawanti, Ph.D, Muhammad Syamsu Hidayat, Ph.D, Solikhah, Dr.PH dan Fatma Nuraisyah yang berkolaborasi dalam memberikan materi Pendidikan Kesehatan Mental Melalui Pendidikan Multikultur untuk Penguatan Nilai Karakter pada anak asuh.

Dwi Bagus Irawan, salah satu pengurus Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY yang membersamai kegiatan ini berlangsung menyampaikan terimakasih kepada FKM UAD dan LKSA Muhammadiyah Prambanan karena dengan kerjasama yang baik, kegiatan ini dapat terlaksana serta harapannya dapat memberikan manfaat kepada anak asuh.

“Terima kasih kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan dan juga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah Prambanan yang telah memberikan kesempatan acara ini terlaksana, semoga acara ini terdapat tindak lanjut sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh semua pihak” pungkas Bagus. (*)


Sumber: Tim Pengabdian UAD dan MPS PWM DIY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here