Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Membentuk Ketahanan Keluarga, KKN UAD Edukasi Warga Siten

BANTUL — Dalam rangka menghadapi tatanan kehidupan baru dimasa pandemi, KKN Reguler periode 88 Unit XI.B.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022 menyelenggarakan edukasi tentang membentuk ketahanan keluarga.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja tematik Unit XI.B.1 yang dilaksanakan pada Jum’at (25/2) dengan tema “Kesiapan Menghadapi Pasca Pandemi”

Berlangsung di Masjid Rt 03, Siten, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini juga melibatkan ibu-ibu Rt 03 dusun Siten sebagai peserta. 

Avanti Vera Risti Pramudyani, pemateri dan Dosen Pembimbing Lapangan, menyampaikan bahwa ketahanan keluarga merupakan pilar pertama dan utama dalam membangun bangsa serta merupakan unit terkecil yang menentukan. Vera menambahkan, peran keluarga terutama ibu sangat penting untuk menjaga ketahanan keluarga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Keluarga memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sosial budaya, sosialisasi dan pendidikan, agama, ekonomi, reproduksi, cinta kasih, lingkungan serta perlindungan. Dalam fungsi perlindungan, sangat penting bagi ibu untuk memastikan anggota keluarga mendapatkan vaksin sebagai uapaya dalam persiapan menghadapi tatanan kehidupan baru.

Sementara itu, Habibaturrohmah mahasiswi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari unit XI.B.1 menambahkan, dimasa pandemi Covid-19 ini salah satu bentuk perlindungan yang dimaksud adalah vaksinasi yang bertujuan untuk menciptakan kekebalan tubuh agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksin covid-19 dosis primer lengkap akan terjadi penurunan antibodi, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau yang biasa disebut dengan booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat yang rentan agar dapat mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan. (*)


Berita ditulis Ayu Nurrain Aditama dan Habibaturrohmah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here