Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Lolos Hibah PDUPT, Tim Riset UAD Kembangkan Model Pelatihan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Kaltim

Foto: dok. Tim Riset UAD

YOGYA – Tim Riset Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil lolos hibah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT) dengan pendanaan Kemdikbudristek 2021 selama tiga tahun. Tim tersebut diketuai Dr. Suyatno, M.Pd.I. (Kaprodi S2 Manajemen Pendidikan) dengan anggota Dr. Wantini, M.Pd.I. (Prodi S2 MPAI) dan Dholina Inang Pambudi, M.Pd.  (Prodi PGSD).

Penelitian tersebut mengusung judul “Pengembangan Will to Meaning untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan Pendekatan Living Values Education bagi Guru SMP di Propinsi Kalimantan Timur”.

Tahun 2021 ini, Tim Riset UAD fokus pada pengumpulan data melalui Forum Group Discussion (FGD) baik secara online dan offline dengan para guru dan kepala sekolah di Balikpapan, Samarinda, dan Kabupaten Berau.

Tidak hanya mendatangi sekolah-sekolah di daerah perkotaan, tim peneliti mengunjungi sekolah di daerah terpencil bahkan sampai di Pulau Derawan. Untuk menjangkau pulau ini harus melalui perjalanan laut menggunakan speedboat selama kurang lebih 30 menit.

Pada tahun kedua, Tim Riset akan melakukan implementasi model yang dikembangkan berupa pelatihan-pelatihan kepada para guru SMP di Kalimantan Timur.

Penelitian ini disambut dengan sangat baik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, saat Tim UAD silaturahmi di kantornya. Ia menyatakan siap mendukung dan bekerjasama demi pengembangan profesionalisme guru di Kaltim.

Harapan yang sama juga dikatakan Dr. Suprapto (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Berau). Harapannya, penelitian yang diusung Tim UAD dapat memberikan kontribusi khususnya bagi pengembangan profesionalitas guru di sekolah di wilayah 3T Kaltim.

Suyatno mengatakan, desain pelatihan yang akan diimplementasikan di tahun ke 2 dan ke 3 merupakan desain yang dikembangkan sesuai kebutuhan lapangan.

“Penelitian ini diharapkan betul-betul sesuai kebutuhan para guru di Kalimantan Timur. Dengan demikian output pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan etos kerja, dedikasi, dan komitmen guru dalam menjalankan profesinya,” katanya. (*)

Berita ini diperoleh mediamu.com dari Rilis Tim Riset UAD
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here