Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja

YOGYA - Menjadi perguruan tinggi dengan alumni yang tersebar di banyak bidang pekerjaan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) senantiasa meningkatkan layanan demi menjamin kepuasan para pengguna di dunia industri. Hingga saat ini, UMY telah menjalankan berbagai program dengan mitra dari dunia industri, seperti keterserapan tenaga kerja yang merupakan alumni maupun penempatan magang bagi mahasiswa. Adanya dialog dengan para mitra pun menjadi hal yang rutin digelar oleh UMY melalui Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) dengan mengadakan Industrial Gathering, yang pada tahun ini digelar pada Kamis (14/3). Forum ini sekaligus menjadi kesempatan bagi UMY untuk melakukan dialog dan merawat hubungan antara UMY dengan berbagai mitra khususnya di dunia industri.

Diadakan secara daring, Industrial Gathering dihadiri langsung oleh Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN Eng. yang memaparkan terkait perkembangan UMY hingga saat ini, termasuk dari segi capaian serta upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari lulusan UMY. Menurut Gunawan, para mitra memiliki tingkat kepuasan yang baik terhadap lulusan UMY yang berkarir di berbagai instansi.

“Hasil survei kepuasaan terhadap lulusan UMY pada tahun 2023, jika dilihat dari indikator yang relevan dengan kebutuhan dunia industri saat ini terbilang memuaskan. Tidak hanya mencakup keahlian di bidang ilmu atau kemampuan dalam bekerja sama, para lulusan UMY pun dinilai oleh pengguna memiliki nilai moral dan etika yang bagus dengan sering beramal baik dan menjadi teladan dalam beragama,” ujarnya.

Gunawan juga menegaskan bahwa tingkat kepuasan dari para pengguna menjadi salah satu prioritas UMY, dan telah menjadikan UMY sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan rekognisi dan pemeringkatan dari berbagai lembaga internasional seperti Quacquarelli Symonds (QS). Dalam pemeringkatan di tingkat Asia atau QS Asia University Rankings, UMY menempati peringkat 551-600 untuk tahun 2024. Sementara di tingkat dunia, UMY berada di peringkat 1201-1400 dalam QS World University Rankings dan peringkat 1201+ dalam QS Sustainability Rankings.

Hasil pemeringkatan tersebut ditekankan secara khusus oleh Prof. Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D. sekalu Wakil Rektor UMY bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK yang mengatakan bahwa pihak mitra dari dunia industri pun dapat terlibat dalam membangun UMY, dengan memberikan saran dan masukan bagi UMY melalui forum Industrial Gathering.

“Harapan kami, pihak industri pun dapat menyampaikan kondisi para lulusan UMY dalam bidang pekerjaan mereka dan memberikan pesan maupun kesan kepada kami. Alhamdulillah kesan yang diberikan sudah baik semua, dan kami ingin untuk ke depannya pihak industri dapat terus memberikan masukan agar kami bisa membangun dan memperbaiki apabila ada hal-hal yang masih kurang,” ungkap Faris.

Dihadiri oleh sekitar 50 mitra, Industrial Gathering akan terus secara rutin digelar oleh BPP UMY. Ir. Slamet Riyadi, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala BPP mengatakan bahwa Industrial Gathering direncanakan untuk diadakan lebih sering menjadi dua kali per tahun, selaras dengan komitmen UMY dalam meningkatkan kepuasan pengguna dengan menghasilkan lulusan yang berkompeten bagi dunia industri. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here