Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Andalan Awards Dorong Mahasiswa UAD Semakin Berprestasi

BANTUL – Sebanyak 300 mahasiswa berprestasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerima penghargaan Andalan Awards 2023 pada Sabtu (4/3) di Amphitarium Gedung Utama Kampus 4 UAD. Penghargaan ini diberikan langsung oleh UAD atas capaian prestasi yang diperoleh mahasiswa di berbagai kompetisi nasional dan internasional.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, bahwa setiap tahun kampus memiliki tradisi memberikan apresiasi bagi mahasiswa berprestasi dari kompetisi nasional dan internasional.

“Andalan Awards 2023, diberikan bagi mahasiswa yang meraih prestasi kompetisi tahun 2022, demikian juga nantinya mahasiswa yang prestasi tahun 2023 diberitakan tahun 2024,” katanya.

Gatot menambahkan, prestasi mahasiswa tingkat nasional dan internasional terus meningkat. Dari data di Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, tercatat pada tahun 2020 meraih 240 prestasi, tahun 2021 meraih 883 prestasi dan tahun 2022 meraih 1.266 prestasi. Selain diberikan kepada mahasiswa, Andalan Awards juga diberikan kepada dosen, tenaga kependidikan (tendik), pelatih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Untuk tahun 2023, peraih Andalan Awards untuk Juara Umum adalah Fakultas Teknologi Industri, disusul oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan.

Mahasiswa UAD, ujar Gatot, memiliki tagline TANGGUH, yaitu Takwa, Amanah, Nalar, Gesit, Gembira, Ulet dan Humanis. Menurutnya, ini dapat memberi semangat mahasiswa meraih mimpi masa depan. Harapannya nanti, mahasiswa berkompeten dalam memasuki dunia industri, mampu mengambil peran dalam kepemimpinan dunia.

“(Tagline) ini merupakan standar kemahasiswaan, aspek pendampingan layanan mahasiswa UAD, terutama dalam industri dan pasar kerja global memiliki daya saing nasional dan internasional,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswa UAD diharapkan dapat memiliki integritas dan intelektual berdasarkan nilai-nilai keislaman yang kuat. Gatot mengaku jika dirinya memang diberi target Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. untuk terus meningkatkan prestasi mahasiswa.

“Merealisasikan itu butuh kerja keras dan sinergi dengan organisasi kemahasiswaan untuk mewujudkan. UAD ini ibarat satu kapal besar yang semuanya harus berperan dan sinergi, baik akademik dan non-akademik.” tegasnya. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here