Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Ada 7 PTM Terakreditasi Unggul se-Indonesia, Di antaranya UAD dan UMY

YOGYA – Kabar baik datang dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berhasil meraih predikat universitas yang Terakreditasi Ungggul.

Perguruan Tinggi yang unggul dalam akreditasi dianggap sebagai tempat yang serius dalam memberikan pendidikan berkualitas. Memiliki akses yang lebih baik ke sumber daya seperti dana penelitian, dukungan pemerintah, dan sponsor industri.

Hal ini dapat mendukung penelitian, pengembangan program dan infrastruktur kampus.

Mengutip dari laman Kemendikbud, sebuah lembaga pendidikan yang telah mendapatkan nilai akreditasi A, belum tentu dapat masuk dalam kategori predikat unggul. Artinya, akreditasi Unggul itu lebih baik dari A.

Universitas yang terakreditasi “Unggul” telah melewati standar akreditasi dengan sangat baik dan diakui memiliki kualitas yang sangat tinggi dalam pendidikan dan penelitian.

Universitas yang terakreditasi “Unggul” telah diakui karena melakukan penelitian yang berdampak, inovasi dalam pendidikan, dan berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Gelar dari universitas yang terakreditasi “Unggul” tidak hanya diakui tetapi dihargai di tingkat internasional, membuka peluang untuk lulusan dalam melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri.

Mengutip laman www.banpt.or.id pada 31 Agustus 2023 ada sejumlah kampus PTMA di Tanah Air yang memiliki akreditasi Unggul, yaitu Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, dalam keterangannya mengatakan bahwa Perguruan Tinggi terakreditasi Unggul memiliki sejumlah manfaat bagi pendidikan, mahasiswa dan citra institusi.

Akreditasi Unggul menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan pemerintah. “Ini memberikan jaminan kepada mahasiswa bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan yang baik dan relevan,” kata Jebul Suroso.

Menurutnya, pendidikan dari Perguruan Tinggi terakreditasi Unggul dapat meningkatkan peluang karir bagi lulusannya. “Banyak perusahaan mencari lulusan dari institusi terkemuka yang diakui,” tandasnya.

Dan, UMP terakreditasi Unggul telah memiliki standar pengajaran yang lebih tinggi dan lebih relevan dengan perkembangan industri dan pasar kerja.

Dijelaskannya, UMP dengan terakreditasi Unggul telah diakui di tingkat internasional, membuka peluang bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri.

Pada level internasional posisi UMP peringkat 27 dari 700 Perguruan Tinggi swasta tingkat ASEAN dan peringkat 39 dari 415 Perguruan Tinggi Islam di Dunia.

Posisi UMP secara nasional pada tahun 2020 adalah posisi 5 besar dari 173 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA), posisi 49 dari PTS dan PTN se-Indonesia.

UMP telah memberi dampak positif pada ekonomi nasional. Di level internasional, UMP menjadi inisiator pendiri UMAM dan International College di Australia serta telah memiliki 198 kerjasama Internasional.

Ada 43 aktivitas kerjasama internasional di bidang pendidikan, yakni Internship Program, Student dan Staff Mobility, International Credit Transfer, Sea Teacher Project Program, joint research and publication.

Juga ada 78 aktivitas kerjasama internasional di bidang penelitian dan 12 aktivitas kerjasama internasional di bidang PPM serta kerjasama studi lanjut dosen Perguruan Tinggi luar negeri. (*)

 

Wartawan: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here