Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UMY Tingkatkan Kesehatan dan Produktivitas Pegawai lewat General Check Up

YOGYA - Dalam upaya menjamin kesehatan di lingkungan kampus bagi para dosen dan tenaga kependidikannya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) kembali mengadakan general check-up pada Senin (27/5) hingga Rabu (29/5).

Prof. Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si Kepala LPKSDM UMY mengatakan tujuan diadakannya fasilitas general check-up ini bertujuan agar seluruh dosen dan tendik semuanya dalam keadaan sehat sehingga mendukung kinerja para pegawai. 

“Salah satu upaya atau ikhtiar UMY menjaga kesehatan, langkah preventif, dan monitoring agar dosen dan tendik semuanya sehat. Jadi kami ingin agar agenda rutin LPKSDM ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya untuk memberikan layanan dan fasilitas kepada seluruh pegawai baik dosen dan tendik untuk melaksanakan general check-up. Kondisi dosen dan tendik yang sehat akan menunjang produktivitas serta tugas pokok, fungsi dan beban kerja yang menjadi tanggung jawab,” tutur Adhianty. 

Lebih lanjut Adhianty berharap agar kehadiran dosen dan tendik dalam mengikuti general check-up ini bisa meningkat setiap tahunnya dan tidak merasa takut ketika melakukan general check-up. “Semoga setiap tahunnya bisa meningkat yang mengikuti general check-up ini, paling tidak target kami hingga 80 persen dosen dan tendik. Sebab banyak juga pegawai yang merasa takut dengan hasil check-up yang akan diterima nanti, terlebih bila tidak sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Adhianty.

Pemeriksaan general check-up ini meliputi vital sign (tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan). Cek darah meliputi asam urat, Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT), atau enzim pada jantung, Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) atau enzim pada hati, Lipoprotein Densitas Tinggi (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL) atau jenis kolesterol, dan gula darah serta cek urine (mikroskopis dan makroskopis).

Bekerja sama dengan Rumah Sakit Asri Medical Center Muhammadiyah (RS AMC) general check-up ini dilaksanakan di Lantai Dasar Gedung Dasron Hamid Research and Innovation Center Kampus Terpadu UMY. Wakil Rektor II bidang SDM Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si mengatakan karena agenda ini ditangani langsung oleh pihak RS AMC sehingga para dokter yang hadir  bisa memberikan pandangan terkait hasil dari general check-up nantinya dan menjadi pemahaman bagi semua.  

“Kerjasama dengan RS AMC dalam agenda ini akan memberikan pencerahan dari teman-teman dokter yang hadir untuk para dosen, pegawai dan semuanya. Dengan adanya fasilitas ini menjadi pemahaman kesehatan bagi kita semua,” jelas Nano. 

Nano juga berharap dengan terjaminnya kesehatan para pegawai diharapkan bisa menjalankan kinerjanya dengan lancar. “harapan kami semoga semua warga UMY terutama dosen, tendik maupun pimpinan ini bisa sehat, sehingga bisa menjalankan kinerjanya dengan maksimal,” tandasnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here