Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola

Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. akan menjadi khatib shalat Idulfitri 1445 H di Lapangan Bola UAD Kampus IV. Foto: Dok. Panitia RDK UAD

YOGYA - Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi terlewati baik kemuliaan dan keutamaannya. Ini menjadi sebuah kenikmatan bagi umat Islam yang tidak dapat diukur dengan suatu apapun. Kebahagiaan bertemu dengan Ramadhan tahun 1445 H ini termasuk nanti bertemu dengan hari raya idul fitri, dan semua itu karena kehendak Allah SWT.

Hari Raya Idulfitri menjadi agenda terakhir dalam menyemarakan bulan suci Ramadhan. Salah satunya Ramadhan di Kampus (RDK) Universitas Ahmad Dahlan yang telah menyediakan berbagai macam program, antara lain: Takjil buka puasa 3000, Kajian Jelang Berbuka, Ceramah dan shalat tarawih, Kajian Dhuha, Bazaar Ramadhan, Kajian Intenshif Islamic Corse, Santunan Dhuafa, Haflah Qori dan Tabligh Akbar, Pengajian Struktural Pimpinan, Lomba semarak Ramadhan UAD, Lomba semarak Ramadhan Pelajar, program i'tikaf 10 hari terakhir dan agenda penutupnya yaitu shalat idulfitri.

Pada agenda shalat idulfitri tahun ini, UAD menetapkan lapangan sepak bola di bagian timur kampus IV menjadi tempat shalat ied. Ketua Ramadhan di Kampus UAD, Yahya Hanafi menjelaskan bahwa agenda terakhir ini bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tamanan dan Takmir Masjid Al-Ikhlas Kemutug serta para Relawan RDK yang tidak mudik. 

"Sebelumnya, Shalat Idulfitri dilaksanakan di halaman utama dan area parkir UAD yg berada di sebelah utara Masjd IC. Shalat Iduladha tahun 1444 H yg lalu juga dilakukan di Lapangan, jadi ini kali kedua pelaksanaan Shalat Ied di Lapangan UAD. Lertama, iduladha yang lalu, dan sekarang Idulfitri 1445H," terang ustadz Diyan selaku Panitia RDK.

Pada hari Kamis (28/3), Panitia RDK UAD bekerjasama dengan Tim Arah Kiblat yang dipimpin oleh Yudhiakto Pramudya Ph.D. telah menetapkan kiblat di lapangan bola UAD. Alasan dipilihnya lapangan, Yahya menyampaikan kalau ini adalah tempat strategis untuk dilaksanakannya shalat idulfitri.

Kemudian, pada hari Rabu (10/4) Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. berkesempatan menjadi khatib idulfitri dan ustadz Rahmadin Munawwaroh, S.Pd. (Alumni UAD) sebagai imam shalat idulfitri, dimulai pada pukul 06.30 WIB.

Terakhir, pesan dari Ketua RDK UAD bagi para pemudik yang melewati arah Ringroad Selatan pada hari pelaksanaan shalat idulfitri, bisa ikut merasakan suasana shalat idul fitri di lingkungan kampus utama UAD. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here