Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Merangkai Kata untuk Informasi Layanan Publik

BANTUL — Menyampaikan pesan melalui kata-kata menjadi salah satu medium strategis untuk menyampaikan pesan kepada warga masyarakat. Karena itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan (PBI UAD) mengadakan kegiatan pengabdian terkait olah kata untuk informasi layanan publik.

Tim ini diketuai oleh Nur Fatimah, S.Pd., M.Hum., dan ikut melibatkan para mahasiswa, di antaranya: Ayu Wahyuni, M. Fikri Apriseshar dan Toyib Widodo. Kegiatan pengabdian berlangsung di Murtigading, Sanden, Bantul. Peserta adalah pemuda Murtigading khususnya yang berada di padukuhan Sanggrahan, Trisigan 2 dan Dagan.

Dalam pengabdian yang diawali tanggal 03 September 2022 ini disampaikan pentingnya keterampilan menulis untuk menyampaikan informasi kepada publik. Peserta juga diajak untuk menghubungkannya dengan isu-isu penting di masyarakat dan menentukan informasi mana yang perlu disampaikan kepada warga.

Beberapa ide mengemuka, termasuk ide tentang kebersihan dan pengelolaan sampah, kesehatan, kegiatan keagamaan, bisnis warga dan hal-hal yang menjadi agenda pedukuhan. Setelah disampaikan pengantar pentingnya skill menulis untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, peserta diberi pelatihan untuk menuangkan pesan secara tertulis dengan memanfaatkan Canva.

Di sini, peserta mendapat pendampingan untuk pembuatan poster dan banner untuk informasi layanan masyarakat. Dari pelatihan ini dicetak beberapa outdoor banner untuk menyampaikan informasi ke warga masyarakat.

Melalui pelatihan ini diharapkan peran serta pemuda dalam kegiatan kemasyarakatan semakin meningkat, khususnya melalui keterampilan dan kreativitas mereka dalam merangkai kata untuk menghasilkan dan menyampaikan informasi yang berguna kepada warga masyarakat. Pemuda berdaya, dinamika masyarakat lebih bermakna. (*)


Sumber: Tim Pengabdian UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here