Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Luar Biasa, Mahasiswa UAD Jadi Juara Lomba Eksplorasi di Ajang ICESCO

YOGYA - Prestasi skala internasional kembali diraih oleh mahasiswa Muhammadiyah. Muhammad Sholahuddin, mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menjadi Juara I Lomba Explorace dalam ajang Islamic World Educational, Scientific, and Cultural Organization (ICESCO) International Malaysia pada 24 Desember 2023 di Universiti Putra Malaysia (UPM).

Sholahuddin pada Jumat (26/1) menjelaskan, kompetisi ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta dari berbagai kampus di Malaysia seperti UPM, USIM, UM, UITM, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, ICESCO merupakan organisasi yang berfokus pada bidang Pendidikan dan Kebudayaan bagi negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Uud -sapaan akrabnya memaparkan, sistem lomba yang ia ikuti itu seperti lomba eksplorasi tetapi dibuat siapa yang paling cepat dan siapa yang paling banyak poin untuk dikumpulkan hingga cek poin terakhir. Setelah itu, juri akan menilai dari tiap kelompok siapa yang paling banyak poinnya.

“Motivasi saya yang paling utama mengikuti lomba itu adalah untuk menambah relasi serta sembari saya di UM dapat membawa nama kampus UAD. Jika memungkinkan, saya bisa memperluas jaringan karena dengan ikut perlombaan ini bisa bertemu secara langsung juga dengan sebuah yayasan pembelajaran bahasa Arab internasional yaitu ICESCO,” tuturnya.

Lomba itu termasuk yang mengandalkan cek poin dan di setiap cek poin ada tugas yang berbeda-beda untuk diselesaikan dengan waktu tertentu. Lomba eksplorasi ini juga mengandalkan siapa yang bisa paling awal selesai hingga cek poin terakhir dengan perolehan poin terbanyak yang dikumpulkan dari tugas-tugas yang berada di tiap cek poin sebelumnya.

Setelah ini, Uud menyampaikan harapan untuk selanjutnya mungkin nanti dari relasi-relasi itu bisa memeriahkan dan menjalin kerja sama dengan UAD. Selain itu supaya makin luas dan kuat jaringan kerja samanya.

“Saya mengikuti lomba-lomba di tingkat internasional semacam ini karena ingin memperluas dan memperbanyak jaringan yang suatu saat pasti akan dibutuhkan,” katanya.

Menurutnya, semakin memperluas jaringan, maka akan semakin memperbanyak pengalaman. Dengan mengikuti perlombaan tingkat internasional, Uud bisa bertemu dengan orang-orang penting dan saya pun bisa menambah ilmu atau wawasan serta pandangan-pandangan baru. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here