Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY

YOGYA - Gelaran agenda Milad ke-43 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tidak hanya dimeriahkan oleh segenap civitas acadmica, namun juga berbagai kalangan termasuk siswa SMA. Melalui beberapa kegiatan perlombaan serta Campus Tour, para siswa SMA diajak untuk mengenal UMY lebih jauh dan dapat merasakan secara langsung lingkungan dan suasana kampus ini. Salah satu lomba yang digelar yaitu UMY Menulis, menjadi wadah bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan menulis karena akan dinilai langsung oleh dosen Ilmu Komunikasi UMY.

Dr. Senja Yustitia, M.Si. selaku salah satu juri lomba UMY Menulis mengatakan jika fenomena yang terjadi saat ini universitas telah menjadi tujuan baru untuk berwisata bagi masyarakat. Ini tidak lepas dari predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar dengan berbagai universitas, juga tingginya animo dari banyak SMA yang berminat untuk mengunjungi UMY. Menurut Senja, lomba UMY Menulis akan memfasilitasi para peserta dari SMA agar dapat menuangkan hasil kunjungan mereka ke UMY dalam bentuk tulisan yang dimuat di berbagai situs media massa digital.

“Saya rasa antusiasme dari para peserta khususnya siswa SMA sangat tinggi, karena ini dapat pengalaman baru bagi mereka. Tidak hanya melihat berbagai fasilitas di UMY, namun juga dapat merasakan suasana dan kehidupan di kampus sehingga harapannya para siswa ini mendapatkan pandangan yang lengkap terkait UMY. Mereka pun dapat menyampaikan informasi yang telah mereka dapatkan ke masyarakat yang lebih luas melalui lomba UMY Menulis, dan tentu akan kami berikan apresiasi berupa hadiah bagi juara,” ujar Senja saat ditemui pada Kamis (7/3).

Dengan masifnya penggunaan media massa digital oleh masyarakat, Senja merasa bahwa distribusi informasi yang tersebar di masyarakat pun akan semakin luas. Lomba yang masih berlangsung hingga 10 Maret 2024 ini, menurut Senja akan menjadi jejak digital yang abadi sekaligus investasi di masa depan, karena sudah menyebarluaskan hasil tulisan ke publik. 43 artikel terpilih hasil dari lomba UMY Menulis pun akan dijadikan buku.

Kunjungan ke UMY pun difasilitasi secara spesial dalam rangka menyemarakkan Milad ke-43 UMY, melalui agenda Campus Tour pada Rabu, 28 Februari 2024 yang lalu. Agenda ini bertujuan untuk mengenalkan para siswa SMA terhadap berbagai fasilitas yang dimiliki UMY, termasuk sarana dan prasarana serta lingkungan UMY yang asri.

Beberapa sekolah yang mengikuti agenda Campus Tour adalah SMA Islam Terpadu Bunyan Indonesia, SMA Daar El-Qolam 2 Tangerang, SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung, dan SMKN 4 Kuningan. Didampingi oleh Biro Admisi UMY, peserta yang terdiri dari siswa dan guru pun terlihat antusias mengikuti keseruan suasana perkuliahan di UMY sembari menaiki kereta kelinci.

Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Sportorium, gedung rektorat AR Fachrudin, Masjid K.H. Ahmad Dahlan, serta gedung riset dan penelitian Dasron Hamid. Muhammad Oky Fauzi selaku staf Biro Admisi UMY yang mendampingi jalannya Campus Tour pun mengatakan bahwa agenda ini sengaja dikemas secara menarik agar selain dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi para siswa, juga dapat menjadi pertimbangan untuk melanjutkan studi ke UMY.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here