Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UAD dan Universiti Malaysia Pahang Gelar Konferensi Internasional

YOGYA – The 3rd International Conference on Language Learning and Teaching 2021 (ICoLLT 2021) yang dilaksanakan pada Selasa-Rabu (24-25/8) merupakan buah kerjasama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universiti Malaysia Pahang (UMP). Bertema “Language Learning and Teaching in the Digital Age-Innovation, Creativity and Change”, kegiatan daring ini mengeksplorasi pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Jepang, Spanyol, dan lain-lain.

Diikuti 100 lebih penulis, konferensi ini menghadirkan Prof. Agnes Kukulska-Hulme, Ph.D., guru besar dari Institute of Educational Technology dari United Kingdom, sebagai keynote speaker. Ia merupakan profesor yang mendalami bidang transformasi pedagogis dan scenario pembelajaran masa depan dalam ranah pendidikan formal maupun informal. Selain itu, terdapat dua pembicara utama yakni Drs. Akmal, M.Hum., M.Sc., Ph.D. (UAD) dan Associate Professor Dr. Hafiozah Kassim (UMP).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., bersama Vice Chancellor UMP, Prof. Ir. Dr. Wan Azhar Wan Yusoff. Dr. Muchlas dalam sambutannya juga menyampaikan, “Belajar tidak lagi terbatas pada dinding kelas seperti dulu. Peserta didik saat ini diberikan banyak kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru untuk belajar dan mengakses berbagai pengetahuan melalui ruang digital.” Menurutnya, ruang digital menyimpan potensi besar yang akan membantu proses penyelenggaraan pendidikan yang independen.

Awalnya konferensi ini berangkat dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) oleh UAD dan UMP untuk Joint Seminar. Dalam pelaksanaannya, UAD melibatkan tujuh program studi yakni Pendidikan Bahasa Inggris S1 dan S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Arab, serta Ilmu Komunikasi.

Para penulis dan akademisi yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Inggris, Prancis, Pakistan, Arab Saudi, Tiongkok, dan Taiwan menjadi peserta dan bergabung dalam teleconference. Pertama-tama, mereka mengikuti acara pembukaan dan menyimak para pembicara utama di ruang utama. Selanjutnya, kegiatan presentasi hasil penelitian para peserta konferensi dilakukan dalam breakout room. Dalam hal ini, seluruh artikel yang memenuhi syarat akan diterbitkan dalam jurnal dan prosiding. (*)

Wartawan: Ahimsa

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here