Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental

YOGYA - Wisudawan dan wisudawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Periode III Tahun Ajaran 2023/2024 disadarkan dengan fakta bahwa kelulusan tidak hanya perihal perayaan dan ijazah yang diterima. Namun lebih dari itu, kecerdasan mental yang dimiliki oleh setiap wisudawan/wisudawati lah yang paling penting.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Prof. Setyabudi Indartono M.M., Ph.D, dalam acara Wisuda Program Sarjana, Vokasi, dan Pascasarjana UMY Periode III TA 2023/2024 hari pertama, Rabu (6/3). Wisuda yang juga akan digelar pada besok Kamis (7/3) di Sportorium UMY ini diikuti oleh total 1.253 wisudawan/wisudawati.

 “Sukses masa depan anda tidak hanya membawa ijazah saja, tapi anda membutuhkan kecerdasan yang luar biasa diantaranya kecerdasan mental, Adversity Question yang kuat, yang juga harus didukung oleh kekuatan spiritual dan etiquette question, sosial question. Selembar ijazah dan transkrip nilai tinggi yang anda terima hari ini belum menjadi jaminan kesuksesan anda di masa depan,” ungkap Setyabudi. 

Para wisudawan dan wisudawati juga dihadapkan dengan fakta yang membuat mereka sadar bahwa banyak perubahan sosial dan kemajuan teknologi yang mereka hadapi. “Pada saat ini kalian menghadapi Global Socio Techno Disruption yang ditandai dengan kecepatan perubahan dan perkembangan teknologi serta orientasi sosial di tingkat global yang begitu cepat berjalan,” tutur Setyabdi.

Setyabudi menegaskan bahwa tantangan global seperti Global Socio Techno Disruption menuntut kecerdasan mental, spiritual, dan sosial yang kuat dari lulusan UMY. 

Job Outlook 2023 membuktikan bahwa fakta tersebut berkaitan dengan lima atribut kesuksesan yang menjadi kebutuhan seorang fresh graduate (lulusan baru) yaitu problem solving skill, ability work in team, work ethics, analytical skill dan communication skill. 

Sehubungan dengan bukti fakta tersebut, Work Economic Forum telah memprediksi pada tahun 2030 mendatang akan ada top 10 skills yang harus dimiliki oleh para lulusan yang dijadikan senjata untuk survive (bertahan hidup) dan bersaing.

Lewat fakta yang telah dibuktikan oleh Job Outlook 2023 dan Work Economic Forum tersebut, Setyabudi berpesan pada seluruh lulusan UMY agar terus belajar sepanjang hidup dan tidak cepat puas serta terus menerapkan nilai-nilai agama. “Jadilah long life learner (pembelajar sepanjang hidup). Jangan mudah puas dengan apa yang sudah anda dapatkan. Teruskan untuk mengembangkan potensi diri anda jangan lupa menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, kemuhammadiyahan, kebangsaan dalam menerapkan ilmu yang anda peroleh untuk kemajuan bangsa dan umat,” seru Setyabudi pada akhir sambutannya. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here