Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Angkringan Berjalan Lazismu Susuri Lagi Jalanan Yogya

Foto: dok. Lazismu DIY

YOGYA – Ide kreatif, menarik, dan bermanfaat digagas serta dijalankan Lazismu DIY bekerjasama dengan Ortom PK IMM FEB UAD. Mereka mendesain mobil pikup sehingga menyerupai food mobile. Menyusuri jalan besar di Kota Yogya sambil membagikan 500 nasi boks menu angkringan secara gratis, Kamis (26/8).

Sasaran pembagian adalah pekerja umum seperti tukang becak, pemulung, tukang parkir, hingga pengidap ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). Selain memberi manfaat, pelaksanaan acara di waktu sore hingga menjelang Maghrib ini menarik perhatian masyarakat sekitar.

Program Angkringan Berjalan ini dilatarbelakangi dampak pandemi yang sangat dirasakan berbagai sektor pekerjaan, misalnya penurunan pendapatan terutama para pekerja umum. “Banyak mata pencaharian mengalami penurunan pendapatan seperti tukang becak, bertambahnya pekerja yang bergantung pada lampu merah,” kata Olan Egi Syahputra, Ketua Umum PK IMM FEB UAD.

Penularan Covid-19 di Yogyakarta masih terjadi dan PPKM yang terus diperpanjang, menjadikan pekerja umum kesulitan mencari penghasilan. Para pekerja mencoba bertahan hidup di tengah himpitan ekonomi.

Angkringan Berjalan berusaha membantu masyarakat di persimpangan atau pinggiran jalan yang bertahan hidup dengan bekerja di bawah teriknya matahari. “Memenuhi kebutuhan pangan dengan memberikan makanan siap saji adalah program kami (Lazismu) agar mereka bisa merasakan manfaatnya,” jelas Muhammad Rizal Firdaus, Divisi Program Lazismu DIY.

Angkringan identik dengan warung tenda pinggir jalan diubah kedalam bentuk food mobile yang berjalan-jalan mengitari jalanan kota Yogyakarta. Mobil pikup itu ditulisi slogan “Timbang kowe sing ngangkring, mending aku sing keliling”.

Kegiatan ini sudah berjalan sejak 2020 yang awal bekerjasama dengan kitabisa.com. Pembagian makanan gratis dengan konsep food mobile mengutamakan penerima manfaat adalah pekerja umum. Program ini pernah dilakukan di TPST Piyungan dan pada Bulan Ramadhan berupa menu buka puasa ke berbagai tempat seperti di pasar, terminal, hingga stasiun.

Di awal berjalannya, pernah viral di banyak media dan dimuat media nasional sampai beberapa medsos ikut memviralkan karena dianggap unik. Kolaborasi campaign dengan kitabisa.com menghasilkan bentuk program yang bagus dan bermanfaat di tengah pandemi ini.

“Harapannya masyarakat ikut berpartisipasi dengan berdonasi langsung melalui kanal media kitabisa atau rekening Lazismu DIY,” kata Rizal Firdaus.

Bagi masyarakat yang ingin berkontribusi bisa melalui link kitabisa.com di https://kitabisa.com/campaign/angkringanberjalan atau melalui rekening BSI 225-6565-229 atas nama Lazismu DIY. (*)

Berita ini diolah dari rilis Lazismu DIY

Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here