Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UMY Wakili Indonesia dalam Debat Bahasa Arab Internasional di Qatar

YOGYA - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih prestasi Internasional. Kali ini, UMY akan mewakili Indonesia untuk maju dalam International University Debating Championship yang ke 7 di Qatar pada 24-30 Mei 2024 mendatang.

Dr. Fitri Zakiyah, S.Pd.I., M.Pd., dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UMY sekaligus pembina mahasiswa yang akan berangkat ke Qatar, mengungkapkan bahwa tim UMY terpilih melalui seleksi ketat yang diadakan pada Desember lalu. Tim UMY berhasil menjadi juara pertama dalam Indonesian Arabic Debating Championship, mengalahkan 18 tim dari berbagai perguruan tinggi nasional baik negeri maupun swasta.

“Bangga sekali ya, bahkan panitia debat bilang, UMY ini pemain baru, perdana ikut tapi langsung menang. Senang sekali karena mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Wakil Rektor UMY bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK dan Wakil Rektor bidang Akademik. Selain itu, yang membanggakan lagi adalah kami satu-satunya PTMA yang mewarnai lomba ini,” Katanya saat ditemui Humas UMY, Sabtu (18/5) di Café 1912 UMY.

Persiapan menuju Qatar dilakukan dengan latihan intensif setiap hari, baik online maupun offline, serta latihan lomba debat dengan tim dari negara lain seperti Palestina, UITM, dan Bosnia. Selain itu, tim UMY juga dibimbing langsung oleh seorang coach yang merupakan alumni yang pernah memenangkan kompetisi yang sama. Fitri juga mengatakan, Pimpinan UMY memberikan dukungan penuh untuk tim UMY, tidak hanya dengan dukungan finansial tetapi juga pemantauan progress secara berkala.

“Persiapannya lebih banyak sparing, latihan debat, dan kami selalu di pantau, ditanyakan sampai mana progresnya oleh Rektor. Mereka juga sangat effort, latihan malam-malam, bahkan minggu, tapi pas menang semua nangis, kebayar banget,” ujar Fitri. 

Fitri menyebut ada 4 orang yang akan berangkat ke Qatar mewakili UMY dan Indonesia, yaitu Jihan Insyira Zahrani (IPICOM 2021), Mujib Alrahman Najib Hamid Mohammed Al Kamel (Teknik Elektro 2022), Nahlah Mohammed Y Althurwi (IPIREL 2021), dan satu debaters cadangan atas nama Hamdi Mansoor G.A.A.G (IPIREL 2022). Kemudian Fitri sendiri sebagai dosen pembimbing.

“Saya berusaha membantu semaksimal mungkin tapi pada dasarnya memang mereka sudah memiliki kemampuan/kompetensi yang baik. Tinggal dipupuk, disiram, mereka juga sudah sangat berupaya maksimal,” tandasnya. 

Lebih lanjut, Fitri berharap walaupun ini perdana bagi UMY, namun besar harapan untuk dapat memenangkan kompetisi ini dengan membawa bendera UMY, bendera Muhammadiyah dan bendera Indonesia.

“Kami sudah berusaha maksimal mengikuti event ini, jadi harapannya bisa menang, mengibarkan bendera Indonesia, bendera UMY dan bendera persyarikatan Muhammadiyah,” pungkasnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here