Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UMY Peringkat 19 Se-Indonesia Versi Scimago

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih peringkat ke-19 se-Indonesia versi Scimago Institutions Rankings 2020. Pemeringkatan ini menilai klasifikasi lembaga akademik dari segi penelitian, kemudian diberi peringkat menggunakan indikator komposit yang menggabungkan tiga set indikator berbeda berdasarkan kinerja penelitian, hasil inovasi dan dampak sosial diukur dengan visibilitas website. Pemeringkatan dipengaruhi banyaknya jumlah artikel yang ditulis sivitas akademika UMY dalam jurnal terindeks scopus, yakni 673 artikel jurnal yang terbit dalam tiga tahun terakhir. 

Kepala Pusat Data dan Informasi Strategis Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP UMY), Tony K. Hariadi, Ir., M.T, IPM, Jum’at 19 Juni 2020 menyatakan, pemeringkatan UMY versi Scimago Institutions Ranking 2020 didasarkan pada perhitungan tiga tahun terakhir yang harus mendapatkan peningkatan jumlah artikel terindeks scopus.

“Di tahun terakhir ini UMY cukup banyak mengirimkan jurnal scopus,” katanya dalam rilis Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY yang dikirimkan ke mediamu.com.

Peningkatan UMY jika dilihat sampai hari ini terdapat 673 artikel jurnal di scopus. Jumlah itu dilihat dalam pemeringkatan tiga tahun terakhir. Tahun 2015 menuju tahun 2016 meningkat lebih dari 100 persen jumlah artikel di scopus. Tahun 2018 ada 131 artikel, tahun 2017 ada 164 artikel, tahun 2019 ada 192 artikel, dan pertengahan 2020 ini sudah ada 149 artikel.

“Kami berharap di akhir tahun bisa mencapai 300 artikel yang terbit di scopus,” harapnya.

Tony menyampaikan, keberhasilan ini juga dilihat dari banyaknya kerjasama penelitian sivitas UMY dengan institusi lain dalam jurnal yang diterbitkan. Meningkatnya nilai pemeringkatan juga dilihat dari banyaknya jumlah jurnal sivitas UMY yang disitasi (dirujuk) institusi lain. 

”Targetnya, setelah tahun 2021 mencapai 1.000 artikel jurnal, dan bisa untuk pemeringkatan QS World Ranking tahun berikutnya. Jumlah sitasi artikel ditingkatkan minimal ada dua sitasi setiap artikel, jadi setidaknya ada 2.000 sitasi artikel jurnal. Target untuk Scimago Institutions Ranking, kedepannya UMY dapat meraih 10 besar,” Kata Tony.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor UMY Bidang Akademik, Dr. Sukamta,S.T.,M.T. ia mengatakan, pemeringkatan penelitian jurnal terindeks scopus ini juga dipengaruhi upaya UMY yang telah memobilisasi, memberikan fasilitas untuk pelatihan riset kepada para dosen dan mahasiswa. UMY memberikan motivasi, mobilisasi khususnya bagi dosen dan juga mahasiswa pascasarjana untuk menerbitkan hasil-hasil penelitiannya atau tugas akhir, disertasi, dan tesis ke jurnal internasional yang terindeks scopus. Bentuk kegiatannya antara lain adalah science camp atau pelatihan bersama dalam penelitian dan menulis artikel bersama dalam rangka untuk meningkatkan jumlah artikel yang terpublikasi di jurnal-jurnal scopus. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here