Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Resolusi UAD di 2024: Siap Tambah 40 Guru Besar

Tiga Guru Besar baru bersama Rektor UAD (paling kiri) dan Ketua Senat UAD (paling kanan). Foto: Humas dan Protokol UAD

YOGYA - Mendekati akhir tahun 2023, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menambah jumlah guru besarnya. 

Dalam Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar yang digelar Kamis (28/12) di Amphitarium Gedung Utama Kampus 4, UAD resmi mengukuhkan tiga guru besar. Yaitu, Prof. Dr. Drs. Abdul Fadlil, M.T (Bidang Ilmu Teknik Elektro), Prof. Sunardi, S.T., M.T., Ph.D (Bidang Ilmu Sistem Telekomunikasi), dan Prof. Dr. Trianik Widyaningrum, S.Si., M.Si. (Bidang Ilmu Mikrobiologi).

Ketiga guru besar tersebut turut menyampaikan pidatonya masing-masing sesuai dengan bidang yang ditekuni. Abdul Fadlil mengangkat judul “Litbang Pengenalan Pola Berbasis Kecerdasan Buatan dan Aplikasinya”. Lalu, Sunardi mengusung judul “Pengolahan Citra pada Sistem Komunikasi Digital untuk Pengembangan Keilmuan Teknik Elektro dan Informatika”. Sedangkan Trianik membawa judul “Keragaman, Potensi, dan Gen Penyandi Produksi Etanol Pada Khamir Indigenous Nira Aren, Kelapa, Nipah, dan Siwala”.

Dengan bertambahnya 3 guru besar baru ini menjadikan jumlah guru besar yang dimiliki UAD sebanyak 38 orang. "Dengan 22 berasal dari rahim UAD dan 16 dari pengangkatan NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus). Tahun ini sedang berlangsung dan menunggu hasil evaluasi sebanyak 12 orang," jelas Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. dalam pidatonya.

Untuk rencana inkubasi di tahun 2024, UAD memperkirakan ada sekitar 40 orang lagi yang akan masuk di dalam proses percepatan guru besar. Evaluasi program percepatan guru besar UAD sudah kami lakukan beberapa hari yang lalu dan UAD membentuk tim yang baru sebelum 2024 nanti.

"Insya Allah Tim Percepatan Guru Besar sudah kami bentuk untuk menginkubasi 40 kurang lebih calon guru dan juga membantu proses 12 orang yang on progress ini," lanjut Rektor.

Dengan cara demikian, Muchlas berharap di tahun 2024 UAD mendapat tambahan guru besar dan mencanangkan target yang lebih besar dari pencapaian tahun 2023, dimana tahun ini UAD menjadi PTS terbanyak memperoleh SK Guru Besar di Daerah Istimewa Yogyakarta. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here