Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Raih Skor Akreditasi Tertinggi di Indonesia Pada Jurusan Yang Sama

BANTUL — Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP UMY) mendapatkan akreditasi “A” dengan skor 371. Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 1988/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 pada (18/6). Hasil memuaskan ini turut menetapkan Prodi IP UMY sebagai peraih nilai akreditasi tertinggi di Indonesia untuk Program Studi Ilmu Pemerintahan.  

Ketua Prodi IP UMY, Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si. menjelaskan bahwa hasil ini diperoleh karena telah menjalani proses yang panjang dan berkelanjutan pada Sumber Daya Manusia (SDM). “Pengembangan kualitas berkelanjutan sudah kami lakukan selama belasan tahun. Tentu saja kalau memakai kacamata BAN-PT ada tujuh standar indikator. Tapi yang pertama dan utama yang kami tingkatkan adalah kualitas SDM. Dosen kami sebagian besar sudah menjadi doktor dan kami juga punya satu guru besar. Dosen-dosen itu juga memiliki karya dan kiprah di tingkat internasional,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Kampus Terpadu UMY pada Selasa (2/7).

Selain meningkatkan kualitas dari tenaga pendidik, Prodi IP UMY juga mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.  Zaenuri juga mengatakan bahwa program internasional juga terus digalakan. Ratusan mahasiswa asing telah menuntut pendidikan di Prodi IP UMY. “Mahasiswa memang kami dorong untuk berprestasi dan data yang kami dapat menunjukkan prestasi mahasiswa tinggat internasional sebanyak 60 persen sedangkan untuk nasional sebanyak 40 persen. Program internasional juga terus ditingkatkan, banyak mahasiswa asing berkuliah di sini dan juga banyak mahasiswa kita yang berkuliah di luar negeri,” katanya.

IP UMY telah menghasilkan banyak alumni yang tersebar diberbagai pelosok negeri. Lulusan yang telah dihasilkan juga berprofesi ke berbagai hal, tetapi ada empat profesi yang paling banyak digeluti oleh almuni. Yaitu pelaku politik dan pemerintahan, peneliti atau dosen, wirausahawan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan konsultan. Dengan hasil ini, Prodi IP UMY berhak menyandang akreditasi selama lima tahun kedepan hingga tahun 2024. Kedepannya juga Zaenuri menargetkan untuk bisa unggul di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021. Ia juga berharap IP UMY selalu menghasilkan lulusan yang mempunyai pemaham ilmu pemerintahan yang berbasis pada nilai-nilai keislaman. “Kami akan berusaha untuk terakreditasi pada tingkat Asia Tenggara pada tahun 2021 kelak. Kami juga selalu berusaha untuk menghasilkan mahasiswa yang berbeda dengan mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang lain. Semoga setelah lulus bisa membawa manfaat bagi umat,” pungkas Zaenuri.(ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here