Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha

BANJARNEGARA - Mahasiswa Unversitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler periode 119 Unit II.A.2 menyelenggarakan acara Sosialisasi Pengembangan UMKM kepada warga dusun Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Selasa, 8 Februari 2024. Bertempat di Rumah Kepala Dusun, kegiatan ini menyasar seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM yang ada di Dusun Batur Kidul. Adapun materi yang disajikan dalam sosialisasi UMKM ini adalah materi pemasaran digital (digital marketing), pembayaran digital (digital payment), dan desain packaging produk.

Sosialisasi yang dilakukan lebih banyak tertuju pada pengembangan sistem pembayaran digital untuk transaksi bisnis. Karena fakta dilapangan masih banyak pelaku UMKM yang menggunakan pembayaran secara manual. Oleh karena itu, Kelompok Kuliah Kerja nyata (KKN) Unit II.A.2 tergerak mengajak pelaku UMKM untuk dapat mengubah cara pembayaran menjadi lebih modern dengan menggunakan aplikasi digital yaitu aplikasi Dana. Kegiatan ini tidak hanya sekedar sosialisasi pembayaran saja, tetapi juga pendampingan pembuatan hingga penerapanya dalam proses transaksi yang dijalankan. Melalui sosialisasi dan pelatihan UMKM ini, pelaku usaha mencoba untuk membuat akun bisnis Dana untuk transaksi penjualan.

Pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi KKN Unit II.A.2 bagi pelaku UMKM meliputi penginstalan aplikasi Dana, pembuatan akun Dana, pengenalan fitur aplikasi dana untuk pembayaran, dan pembuatan akun Bisnis bagi UMKM.  Output dari pembuatan aplikasi Dana ini adalah terbentuknya QRIS atau metode pembayaran dengan menggunakan QR Code uuntuk melakukan transaksi pada usaha UMKM di Dusun Batur Kidul. Perubahan sistem pembayaran dari metode tradisonal menjadi modern ini dianggap sangat membantu karena alur transaksi menjadi lebih efisien dan efektif.

Respons dari masyarakat di Desa Batur Kidul terbilang positif.Banyak pelaku UMKM tertarik dengan penerapan digital payment dalam proses transaksinya. Salah satunya Ofah, Pelaku UMKM di Dusun Batur Kidul, yang mengaku terbantu dengan adanya pelatihan ini.

“Saya pibadi merasa terbantu dengan diadakanya sosialisasi dan pelatihan bagi UMKM ini, selain belajar tentang digital marketing dan desain produk, pembuatan akun bisnis pada aplikasi Dana membantu saya untuk merekap transaksi pembayaran secara digital” ujarnya.

,

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here