Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen UAD Inisiasi Komunitas Ekspor UMKM Karangwaru Yogya

Foto: Dok. Tim Pengabdian UAD

YOGYA - Dalam rangka mengoptimalkan pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta, tim Pengabdian pada masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan sosialisasi pentingnya meningkatkan pemasaran produk UMKM melalui ekspor.

DIlanjutkan dengan inisiasi pembentukan komunitas ekspor yang beranggotakan pegiat UMKM di wilayah tersebut. Kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UAD.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan meliputi serangkaian kegiatan. Mulai dari analisis kebutuhan, yang dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2024, dengan cara diskusi antara pelaksana PPM, yaitu Khafidhoh, M.Pd., dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris S1 Universitas Ahmad Dahlan dengan tim mahasiswa yang bertugas melakukan pendataan UMKM di wilayah Karangwaru.

Hasil diskusi menjadi dasar bagi pelaksana untuk Menyusun program inti yaitu sosialisasi terkait ekspor yang dilanjutkan dengan inisiasi pembentukan komunitas ekspor.

Pelaksanaan Sosialisasi mengenai ekspor dilanjutkan dengan inisiasi pembentukan komunitas ekspor. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (7/6) bertempat di Gedung RW.

Dalam kegiatan ini para peserta yang merupakan para pelaku UMKM di Karangwaru antusias mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Khafidhoh, M.Pd., dosen p prodi Pendidikan Bahasa Inggris S1, Universitas Ahmad Dahlan, serta Zainab zuhratul mawaddah selaku praktisi di bidang ekspor.

Khafidhoh, pelaksana PPM, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menambah jangkauan produk UMKM yang potensial untuk diproyeksikan di pasar Internasional.

Sekaligus melakukan langkah awal yang konkret untuk mewujudkan mimpi para pelaku UMKM untuk dapat mengekspor produk mereka dengan menginisiasi pembentukan komunitas ekspor.

Is Yuningsih, salah satu peserta menyampaikan jika ia sebenarnya sudah terpikir untuk ekspor, tapi belum tahu bagaimana untuk kesana karena usaha saya juga baru.

"Tapi dengan bekal ilmu dari beberapa pelatihan yang saya ikuti termasuk ini, saya harap bisa segera ekspor,” ujarnya. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here