Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak

KULON PROGO - Sebagai upaya untuk meningkatkan literasi pada anak-anak di Padaan Wetan, Kalibawang, Kulon Progo, Tim mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan 119 Unit X.V D.1 merealisasikan program Pojok Literasi (Polisi). Program ini merupakan salah satu program unggulan dari unit XV D.1 di mana tim KKN membuat mini perpustakaan menggunakan rak kayu. Mini perpustakaan ini bertempat di Mushola Nurul Qomar. Program Polisi sendiri dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2024 hingga 25 Februari 2024.

Dengan adanya “Polisi” anak-anak memiliki kesempatan untuk membaca berbagai macam buku baik buku cerita hingga buku pelajaran. Tak berhenti di situ, tim KKN juga memberikan pemahaman pada anak-anak mengenai buku apa yang mereka baca, sehingga kualitas literasi pada anak-anak Padaan Wetan tidak hanya sebatas mengetahui melainkan memahami sesuatu hal apa yang sudah mereka baca.

Dalam keterangannya, salah satu alasan adanya program “Polisi” ini adalah karena tim KKN merefleksikan diri bahwa kualitas literasi suatu masyarakat dapat memiliki pengaruh terhadap tingkat kesejahteraan rakyat. Literasi tak hanya sebatas membaca dan menulis, literasi individu juga mencakup kemampuan dan keterampilan dalam berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah.

Lebih lanjut, tingkat literasi di berbagai negara memiliki kualitas literasi masing-masing. Negara yang memiliki minat membaca paling tinggi adalah negara Finlandia, anak-anak yang tinggal di Finlandi memiliki kemampuan dan tingkat harapan hidup yang tinggi. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan kemampuan literasi anak – anak di negara Finlandia memiliki nilai yang tinggi. Salah satu faktornya adalah pendidikan anak sejak dini, dimana setiap keluarga memiliki bayi berhak mendapatkan bingkisan paket perkembangan anak seperti keperluan bayi, juga terdapat buku bacaan untuk orangtua dan anak tersebut. Hal ini jika dibandingkan kualitas literasi anak – anak di negara Indonesia sangatlah jauh.

Menurut penilaian berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), skor Indonesia pada tahun 2022 sebesar 64,48 dari skala 1 – 100. Angka tersebut dinilai masih belum memuaskan dan terus menjadi masalah nasional yang sangat memprihatinkan. Menyadari pentingnya literasi bagi masyarakat khususnya pada anak – anak sejak dini. Maka dari itu, KKN UAD 119 Unit XV D.1 Kulon Progo, Kalibawang, Padaan Wetan membuat program “Polisi”.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here