Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

BANJARNEGARA - Tim pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Program Studi Teknik Informatika mengadakan pelatihan pembuatan dan penggunaan web untuk karang taruna di Kampung Ratan, Dusun Batur Kidul, Desa Batur Banjarnegara, Ahad (25/2). Tim pengabdian ini terdiri dari Tedy Setiadi, M.T dan Rully Rahmanda, serta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Ke-119 UAD di kampung Ratan dan dihadiri 20 orang karangtaruna setempat.

Kegiatan dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan publikasi lokal dan mencari solusi yang sesuai. Salah satu ide yang muncul adalah pembuatan sebuah platform daring yang dapat mendukung kegiatan pemuda karang taruna serta mempromosikan beberapa sektor perekonomian yang terdapat di Kampung Ratan.

Tim Pengabdian dan mahasisa KKN mendampingi pembuagan website, mulai dari perencanaan desain hingga implementasi fitur-fitur interaktif, seluruh tahapan dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa KKN dengan karang taruna. Hal ini tidak hanya menghasilkan sebuah platform yang fungsional, tetapi juga memperkuat hubungan antargenerasi dan meningkatkan keterampilan teknologi di kalangan pemuda lokal.

Setelah website selesai dibangun, kepemilikan dan pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada karang taruna "Ratan Kompak". Ini adalah langkah penting dalam memberdayakan komunitas lokal untuk mengambil peran aktif dalam memajukan diri mereka sendiri. Dengan memiliki kontrol penuh atas platform tersebut, pemuda karang taruna dapat lebih leluasa dalam mengatur konten, mengorganisir kegiatan yang terdapat di dusun Batur Kidul.

Website tersebut dapat diakses melalui laman https://ratankompak.site. Kegiatan ini mendapat respon positif dari ketua karang taruna, Gilang. Menurutnya, adanya website bisa membantu warga dalam mempromosikan komoditas yang ada pad adunia luar.

“Dengan adanya website ini dapat memberikan sarana efektif untuk mempromosikan UMKM lokal dan sektor pertanian, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan perekonomian di dusun Batur Kidul, termasuk domba Batur yang menjadi aset penting pada sektor perternakan di Dusun Batur Kidul,” jelasnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here