Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

UAD dan Universiti Malaysia Terengganu Selenggarakan Summer Course

YOGYA – Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu temuan luar biasa umat manusia. Dengan AI sebuah mesin dapat menjalankan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia. Salah satu percabangan ilmu ini adalah machine learning. Selama tujuh hari (22-28/8), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) menyelenggarakan “Summer Course on Machine Learning”.

Dalam rilis yang diterima mediamu.com, dijelaskan bahwa kursus bersama (joint course) ini merupakan kolaborasi Program Studi Matematika dan Pendidikan Matematika UAD serta Department of Mathematics UMT. Para peserta di antaranya adalah mahasiswa dari UAD, UMT, serta Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Pertama kali, Summer Course ini dilaksanakan pada tahun 2019 dimana mahasiswa UAD dikirimkan ke UMT.

“Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, kursus diadakan secara virtual menggunakan e-learning platform yang disediakan UAD,” tutur Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., Wakil Rektor UAD, ketika menyampaikan sambutan (Ahad, 22/8). Pembukaan juga dihadiri Dr. Maharani (Dosen UMT), Dr. Dody Hartanto, M.Pd. (Wakil Dekan FKIP UAD), dan Imam Azhari, M.Cs. (Dekan FAST UAD).

Kegiatan ditujukan mendorong mahasiswa agar dapat menerapkan konsep matematika dalam aljabar linear dan analisis data. Machine learning, sebagaimana dijelaskan Rusydi, dapat membantu menyediakan sistem yang mampu mempelajari data, menyediakan pola, bahkan mengambil keputusan dengan hanya menggunakan sedikit intervensi manusia.

Salah satu metode dari machine learning adalah clustering. Dalam kursus ini, para peserta dikenalkan dengan fuzzy clustering dimana beberapa poin data dapat digolongkan ke dalam lebih dari satu klaster. Kegiatan ini dapat ditukar sebagai pengganti mata kuliah dengan adanya sistem kredit sebesar 2 SKS. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here