Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Rayakan Milad ke-43, UMY Gelar Workshop Fotografi Selami Sudut Kampus

YOGYA - Rangkaian kegiatan Milad ke-43 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tidak hanya diperuntukkan bagi civitas academica, namun juga masyarakat luas. Melalui agenda workshop fotografi, UMY mengajak para siswa dari berbagai SMA untuk menjelajahi setiap sudut kampus terpadu UMY dan berburu foto yang bagus dan ideal. Digelar pada Sabtu (2/3), agenda ini bertujuan selain untuk memperingati Milad ke-43 UMY juga untuk memperkenalkan UMY kepada kalangan yang lebih luas melalui hasil karya visual berupa fotografi.

Peserta workshop dibagi ke dalam dua sesi untuk mengakomodir kegiatan dengan lebih efektif. Beberapa peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari SMK 1 Bantul dan MAN 1 Sleman. Workshop dimulai dengan pemaparan materi singkat dari Dhimas Ananda, M.Sn. yang mengaku terkesan dengan semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta. Walaupun hanya menggunakan kamera smartphone, seluruhnya tetap aktif berkegiatan dan bertanya terkait mekanisme praktik fotografi. Segera setelah diberikan arahan, para peserta dipandu untuk mengunjungi landmark di UMY untuk melakukan sesi foto.

Beberapa tempat yang dikunjungi adalah Taman Mustofa di depan Sportorium UMY, Air Mancur Gedung Rektorat, serta Gedung Dasron Hamid UMY. Seluruh peserta pun mendapatkan pendampingan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY agar dapat mengambil foto dengan hasil yang baik. Budi Dwi Arifianto, M.Sn. selaku penanggung jawab dari agenda workshop fotografi ini mengatakan jika hasil foto dari para peserta akan diikutkan dalam lomba fotografi sebagai bagian dari perayaan Milad UMY ke-43. Ia juga menambahkan bahwa dengan mengajak para peserta untuk mengunjungi sudut-sudut UMY dapat semakin meningkatkan pandangan terkait UMY di kalangan siswa SMA.

“Kami menyediakan hadiah bagi para peserta dengan hasil foto terbaik, salah satunya adalah beasiswa UMY senilai 24 juta rupiah bagi 3 orang pemenang. Ini merupakan hasil kerja sama dengan Admisi UMY dan harapannya dapat digunakan oleh mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, ada pula hadiah uang tunai senilai 750 ribu rupiah bagi 5 orang pemenang,” ungkap Budi.

Dosen Ilmu komunikasi UMY ini pun menjelaskan bahwa kegiatan workshop fotografi menjadi salah satu agenda terbaru dalam Milad UMY ke-43, setelah pada tahun sebelumnya hanya diadakan lomba fotografi saja. Budi juga berharap agar melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan atensi para peserta terhadap UMY dan dapat disebarluaskan melalui hasil fotografi yang mereka bagikan dalam sosial media.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here