Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Mahasiswa UAD dan GCC Tanam Mangrove di Kawasan Konservasi Wanatirta

KULON PROGO — Mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah terus menebar manfaat bagi masyarakat. Baru-baru ini, mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Save the Life with our Trees” di Kawasan Konservasi Mangrove Wanatirta Kulon Progo. Kawasan konservasi ini bertempat di Desa Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, hari Ahad (30/10).

Dalam pengabdian ini, Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan yang mengikutsertakan 59 mahasiswa KIP-Kuliah dan bidikmisi bekerjasama dengan Green Campus Community dibantu oleh Kelompok Penggelola Mangrove Wanatirta dalam proses penanaman mangrove dan pemberian arahannya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga menghadirkan dua narasumber, di antaranya Ketua Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD Dholina Inang Pambudi, M.Pd, yang membahas ‘Mangrove dan Kaitannya dengan Kebencanaan’ dan Ketua Kelompok Penggelola Mangrove Wanatirta, Warso Suwito menyampaikan ‘Sejarah dan Proses Pertumbuhan Mangrove’.

Pemaparan dua materi tersebut adalah salah satu upaya untuk dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan sehingga peserta juga akan membawa manfaat bagi dirinya sendiri. Ini membuktikan bahwa ilmu pengetahuan tidak hanya didapat di lingkungan kampus saja.

Selain diramaikan dengan sesi materi dan tanya jawab, Pengabdian Masyarakat juga melaksankan sesi penanaman Mangrove. Di sini, semua peserta menanam mangrove, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kontribusi mahasiswa UAD dalam menjaga kelestarian alam dan populasi sekitarnya.

Pengabdian ini merupakan salah satu program yang telah direncanakan oleh Green Campus Community yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi mahasiswa UAD mengenai pentingnya menjaga lingkungan khususnya di area pantai dan juga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi Mangrove Wanatirta.

Ketua panitia Pengabdian Masyarakat Green Campus Community 2022, Lesta Sulistiani yang merupakan Mahasiswa PGSD angkatan 2020 berharap dengan adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dapat menjadikan mahasiswa UAD sebagai mahasiswa yang peduli akan lingkungan serta penanaman mangrove diharapkan dapat membantu menjaga lingkungan di sekitar kawasan Wanatirta. (*)


Sumber; Panitia Pengabdian Masyarakat 2022 dan GCC UAD Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here