Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jun 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kolaborasi UAD, ECLIPSE, UiTM Malaysia dalam Pengabdian Internasional

YOGYAKARTA — Dosen dan mahasiswa d 3 Prodi (Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan Sastra Indonesia) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjalin kerja sama dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) dan ECLIPSE (English Cutured Society), Malaysia dalam program International Community Services for Intercultural Communication Literacy Development.

Pelaksana program pengabdian kolaboratif Dr. Ani Susanti S.Pd., M.Pd.B.I. (Pendidikan Bahasa Inggris), Intan Rawit Sapanti S.Pd., M.A (Sastra Indonesia), dan Hana Farida S.S., M.A. (Sastra Inggris) menyelenggarakan workshop travel writing pada 15 Agustus 2022 lalu dan melakukan pendampingan penulisan kepada anggota ECLIPSE hingga saat ini.  Peserta workshop berasal dari Malaysia, Filipina, dan Indonesia dan dipandu oleh Pamastu Narpaduita (mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris) selaku MC, Rizky Alida (mahasiswa Sastra Inggris) dan Nursyams Nadzirah (mahasiswa UiTM) selaku moderator. Acara ini juga mengundang Hannif Andy Al Anshori, travel writer professional, sebagai salah satu pemateri.

“Kami berharap kita semua dapat belajar dan berlatih, dan yang terpenting dapat membangun lebih banyak persahabatan dan jaringan dalam proyek ini. Semoga setelahnya kita dapat mendukung pengembangan kompetensi komunikasi antarbudaya kita dan dapat menerbitkan karya kita kedalam sebuah buku” tutur Ani Susanti dalam sambutannya untuk para peserta.

Pada kesempatan yang sama, Mr. Zachariah Aidin Druckman, sebagai koordinator dari UiTM menambahkan harapannya bagi para peserta yang turut andil dalam program ini. “Saya berharap yang terbaik untuk semua orang yang ikut serta proyek penulisan ini. Semoga karya Anda pada akhirnya terwujud dalam antologi terbitan yang dimaksudkan,”.

Tak lupa, Hannif juga menyisipkan sebuah kalimat motivasi bagi para peserta dalam presentasinya, “Menulislah dengan hati karena hal ini dapat mengantarkanmu untuk menulis artikel yang bagus,” tutup Hannif.

Saat ini kegiatan masih berlangsung di tahap pengumpulan karya. Selanjutnya, karya akan diterbitkan dan dipublikasikan melalui buku antologi ber-ISBN. (*\)


Sumber: Tim Pengabdian UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here