Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dosen UAD Beri Pelatihan Penguatan Karakter Disiplin Ibadah Berbasis Self Management dan AIK di SMK MUBA

Pelatihan Penguatan Karakter SMK Muba bersama Dosen UAD. Foto: Dok. Diyan F.

BANTUL – Sebanyak 19 siswa SMK Muhammadiyah Bangunjiwo (MUBA) sukses mengikuti pelatihan penguatan nilai-nilai karakter dalam disiplin ibadah harian siswa berbasis self management dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK), di Masjid Hishah Assyobrami, kompleks SMK MUBA, pada Rabu (20/3).

Pelatihan selama 3,5 jam tersebut dilakukan oleh tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang beranggotakan Drs. H. Parjiman, M.Ag., Dr. Sutarman, M.Hum, M. Ragil Kurniawan, M.Pd., dan Drs. Darusman, M.A. Selain itu, Wakil Kepala Sekolah bidang AIK juga turut hadir menyajikan materi.

Perlunya implementasi self management dalam aktivitas ibadah sehari-hari menjadi tema utama dalam pelatihan tersebut. Selama pelatihan, situasinya nampak kondusif dan menggembirakan. Diharapkan para peserta yang turut mengikuti pelatihan nantinya menjadi mentor dan tauladan terhadap siswa lainnya.

Pelatihan tersebut berdampak positif terhadap penguatan nilai karakter siswa di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo antara lain, pengetahuan peserta meningkat, kemudian peserta pelatihan menjadi lebih memahami terkait konsep penguatan disiplin ibadah harian siswa.

Yakni suatu implementasi program yang memberikan makna dan adanya perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik. Selain itu mereka lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah harian, seperti shalat wajib 5 waktu maupun shalat sunnahnya. 

Setelah adanya pelatihan, selain mengasah keterampilan mereka, peserta menjadi lebih sehat mental spiritualnya. Hal itu terbukti dengan adanya transformasi sikap dan tingkahlaku peserta menurut Darusman. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Diyan F. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here