Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Mahasiswa UAD Raih Beasiswa Kemenristekdikti Berupa Program Transfer Kredit Internasional

YOGYAKARTA — Wakil Rektor IV UAD, Prof Sarbiran, PhD, hari ini melepas keberangkatan 13 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab serta Sastra Inggris untuk belajar di universitas mitra Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Thailand dan Malaysia dalam program AIMS (Asean International Mobility of Student) dengan beasiswa dari Kemenristek Dikti.

Adapun mahasiswa yang akan belajar selama 6 bulan sejak September 2018 hingga Januari 2019 di universitas mitra UAD Yogyakarta antara lain: Iqbal Mubarok, M Deden Irwandi, Aditya Prayoga, Aji Saeful Ramdan, Restu Agung Fadilah, Siti Muflikhah Uswanas, Hafizatur Rahmi dan Novia Nurhayati dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang akan belajar di Universiti of Malaya (UM).

Sedangkan 5 mahasiswa dari Prodi Sastra Inggris akan belajar di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia dan Thammasat University Thailand, yaitu Elisa Istianah dan Helmatun Faiza Ulfah di UiTM, Galih Prabowo, Nida Zakiatul Khusna dan Yumna Afaf Hanifah di Thammasat University Thailand.

“Program transfer kredit internasional ini adalah salah satu program unggulan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti,” kata Sarbiran.

Sejak tahun 2010, UAD Yogyakarta telah mengirim mahasiswa untuk belajar ke luar negeri lewat program hibah AIMS. “Hal ini dikarenakan meningkatnya kepercayaan pemerintah bagi mahasiswa UAD,” papar Sarbiran, yang menambahkan dilihat dari jumlah mahasiswa yang dikirim dan yang diterima dari universitas mitra UAD seimbang, bahkan lebih dari jumlah kuota beasiswa yang diberikan Kemenristek Dikti.

UAD Yogyakarta pada tahun 2027 lalu mendapatkan kuota beasiswa bagi 4 mahasiswa. Dan tahun 2018 ini bertambah menjadi 7 kuota beasiswa.

Pemerintah melihat keseriusan UAD Yogyakarta dalam program ini. Dan menghargai UAD bisa mendukung program ini dengan menggunakan biaya mandiri, baik dari universitas maupun mahasiswanya sendiri.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, MA.Res, bersyukur karena UAD Yogyakarta dapat menjadi salah satu dari 12 perguruan tinggi se-Indonesia yang mendapatkan beasiswa bergengsi ini. “Dari dua belas perguruan tinggi itu, hanya tiga perguruan tinggi swasta, termasuk UAD,” terang Ida Puspita.

Di Yogyakarta, hanya ada 2 PT yang mendapatkan beasiswa: UAD dan UGM. “Dan sudah delapan tahun UAD masuk dalam konsorsium AIMS ini,” kata Ida Puspita yang berharap semoga UAD Yogyakarta dapat meningkatkan prestasinya dalam program mobilitas mahasiswa. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here