Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tim UMY Ciptakan Kaos Ajaib Pelancar ASI

Foto: dok. BHP UMY

BANTUL – Prestasi kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Melalui Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM KC), UMY menciptakan alat bantu melancarkan Air Susu Ibu (ASI).

Dalam rilis Biro Humas dan Protokol UMY yang diterima mediamu.com, Kamis (19/8), alat ini diberi nama Modern Breast Pump with Oxytocin Pole Massage. Diciptakan khusus untuk ibu yang sedang menjalani masa postpartum, para ibu yang memiliki hambatan saat akan memproduksi ASI.

Tim tersebut terdiri dari Ryas Surya Aji Andinni, Dhendy Dafeta Mahardicha, Ade Lismi Ni’matul Hijjah, Fakhrul Dewantoro, Elsa Lisyotrini, didapmpingi Erika Loniza, S.T., M.Eng., selaku dosen pembimbing. 

Ryas Surya Aji, Ketua Tim, menjelaskan bahwa alat ini menggunakan komponen elektronika modern yang mudah didapat di pasaran Indonesia. Berbentuk bra dengan titik pijat menggunakan motor, menggunakan bahan yang nyaman dipakai.

“Alat ini diperuntukkan bagi ibu yang mengalami terhambatnya ASI. Sehingga ibu-ibu yang memiliki masalah tersebut tidak memiliki kekhawatiran atas produksi ASI serta memberikan manfaat waktu yang efisien untuk pengeluran air susu ibu,” jelas Ryas.

Di Indonesia pemberian ASI eksklusif kepada bayi masih sangat rendah. Padahal, air susu ibu merupakan imunisasi pertama yang diberikan untuk bayi dengan zat kekebalan tubuh dan imunoglobin yang terkandung di dalamnya.

Pada dasarnya ASI memiliki antibodi yang secara alami terbentuk menyesuaikan kebutuhan bayi setiap saat, meskipun saat bayi sedang dalam keadaan sakit. Persoalan inilah yang mendorong Tim PKM KC menciptakan Modern Breast Pump with Oxytocin Pole Massage. (*)

Berita dikirim oleh Biro Humas dan Protokol UMY

Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here