Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Jul 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dokumenter KKN UAD Perlihatkan Budaya dan Tradisi Merawat Semesta

GUNUNGKIDUL – Telaga Nangsri awalnya bisa bertahan menampung air hujan cukup lama. Namun, beberapa tahun lalu, melalui sebuah proyek, Telaga di Desa Candirejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul tersebut mengalami pembangunan fisik.

Sekeliling telaga yang awalnya bebatuan biasa kemudian diperkuat dengan semen dan beton. Karena celah air yang tersumbat, telaga tersebut kini hanya bisa menahan air hujan dalam hitungan hari saja.

“Niatanya mungkin baik,” ujar Angga, Dukuh Plebengan Lor, Desa Candirejo.

Telaga Nangsri adalah aset penting masyarakat Desa Candirejo. Keberadaanya secara trurun-temurun telah membantu memenuhi kebutuhan air masyarakat. Hal tersebut salah satunya tampak dari adanya tradisi tahunan bernama Bersih Telaga. Tradisi ini menyiratkan kedekatan hubungan antara masyarakat Candirejo dengan Telaga Nangsri.

“Kami beruntung dapat mendokumentasikannya,” ujar Akhmad Fauzi, mahasiswa peserta KKN dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Fauzi bersama dengan dua unit KKN lainnya berinisiatif membuat karya dokumenter tentang tradisi kebudayaan di Desa Candirejo. Pembuatan dokumenter tersebut juga melibatkan Karang Taruna setempat dan dibimbing langsung oleh seorang dosen UAD bernama Prayudha, M.A.

Selaku pembimbing, Prayudha memberikan pelatihan terkait produksi film dokumenter. Ia menekankan bahwa dokumentasi kebudayaan sangat penting. Ini agar tradisi tetap terjaga serta pesan dan makna dari tradisi yang ada bisa dipahami dengan baik.

“Sehingga salah satunya tidak terjadi kesalahpahaman manusia dengan alam. Semenisasi Telaga Nangsri adalah contoh kurang pahamnya kita pada tradisi dan alam,” tukas dosen Pendidikan Bahasa Inggris UAD tersebut.

Film dokumenter yang diproduksi oleh mahasiswa KKN UAD 2023 bekerjasama dengan Sub Karangtaruna Dusun Plebengan tersebut mendapat respon cukup baik. Dokumenter berjudul “Kacamata Budaya Bersih Telaga Nangsri” tersebut mendapat penghargaan pada Festival Tahunan Desa Candirejo. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Kelompok Mahasiswa KKN UAD Candirejo, Semanu, Gunungkidul

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here