Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Ciptakan Nilai Tambah Ekonomi Tangga Warga Jogja, UAD Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah

Pelatihan Pengelolaan Sampah oleh Tim PkM UAD bersama Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah. Foto: Tim PkM UAD

YOGYA - Permasalahan darurat sampah di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi perhatian yang krusial dari semua pihak. Hal ini menimbulkan permasalahan di lingkungan masyarakat secara langsung, mulai dampak yang ditimbulkan berupa masalah pencemaran terhadap udara, air dan tanah sampai persoalan kesehatan.

Untuk itu, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY di Kelurahan Sorosutan membuat gerakan perubahan. Untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mengenai pengelolaan sampah mulai dari lingkup rumah tangga, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian keluarga.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat UAD ini dilaksanakan pada Jum'at (5/1) di Kebun Dakwah Muhammadiyah Nitikan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Tim diketuai oleh Amir Hidayatullah, SE., MSc bersama tim anggota di antaranya Rahmat Saleh, MEcDev., Gea Dwi Asmara, MEcDev., Rifki Khoirudin, MEcDev MAPPI (Cert), Drs Muhammad Safar Nasir, MSi serta beberapa mahasiswa Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD.

Amir menyampaikan komitmen Pengabdian Masyarakat yang digerakan oleh Dosen UAD ini akan terlaksana secara berkelanjutan. Melalui rangkaian agenda yang berorientasi pada penguatan kapasitas komunitas maupun individual ditengah masyarakat Kelurahan Sorosutan Kota Yogyakarta. 

Rangkaian agenda telah dimulai dari survei memperoleh informasi mendalam tentang kegiatan pengelolaan sampah yang dilakukan Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah maupun masyarakat secara individu.

Kemudian, hasil survey tersebut ditindaklanjuti agenda berupa pelatihan dan pendampingan mulai dari mengenalkan bagaimana cara mengelola dan mengolah sampah rumah tangga menjadi bahan baku nilai ekonomi serta berbagai pelatihan kreasi daur ulang.

Agenda ini telah diawali rangkaian berupa Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik yang disampaikan oleh Ananto Isworo, S.Ag. selaku Founder Gerakan Shodaqoh Sampah berbasis Eco Masjid Indonesia.

Tidak sekedar penguatan wawasan masyarakat akan pentingnya kesadaran kemauan secara mandiri untuk mengelola sampah rumah tangga, namun dilengkapi kiat-kiat cara praktis pengelolaan sampah secara mandiri.

Antusias peserta yang hadir di agenda Pengabdian Masyarakat ini sekitar 50 peserta mulai dari warga masyarakat dan pemuda pemudi mahasiswa sekitar Kelurahan Sorosutan Kota Yogyakarta. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here